Sukses

TNI-Polri Gerilya Bagi-Bagi Masker Jelang PSBB Ketat di Jakarta

Cegah Covid-19, Dirkrimsus Polda Metro Jaya bagikan 500.000 masker dan tempat cuci tangan.

Liputan6.com, Jakarta - TNI-Polri terus bahu-membahu berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan membagikan ribuan masker dan tempat cuci tangan di tempat ibadah di wilayah DKI Jakarta secara serentak.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Roma Hutajulu mengatakan, pembagian ribuan masker dan tempat cuci tangan ini implementasi instruksi Presiden Jokowi kepada jajaran TNI-Polri dan ditindaklanjuti Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada jajarannya.

"Hari ini kami dari Polda Metro Jaya sudah membagikan masker 500 ribu di 35 lokasi yaitu kami utamakan di tempat peribadatan seperti di Masjid, Wihara, dan Gereja," kata Roma di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/9/2020).

Pembagian masker dan tempat cuci tangan diserahkan secara simbolik di Masjid Al Abrar, Pejompongan. Menurutnya, pemberian masker dan tempat cuci tangan adalah upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Kali ini, Polda Metro Jaya bersinergi dengan teman-teman Kodim, Koramil, dan juga alumni Sesko TNI angkatan 46.

"Ini akan terus menerus kita lakukan terkait dengan pembagian tempat cuci tangan dan masker di DKI Jakarta. Ini upaya pencegahan Covid-19 yang semakin meningkat di DKI," kata mantan Kapolres Jakarta Pusat ini.

Pada kesempatan ini, Roma juga memperkenalkan gerakan satu masker anggota untuk masyarakat. Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini pun mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya memerangi Covid-19.

"Kami berharap program satu masker anggota untuk masyarakat ini mencegah penyebaran Covid-19 dan masyarakat sadar 4 M tadi yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan," katanya.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Roberto Pasaribu menambahkan, dalam kegiatan ini juga mengedukasi literasi digital untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan informasi terkait bagi pelayanan masyarakat melalui portal elektronik polisikita.id.

Sementara itu, perwakilan alumni Sesko TNI angkatan 46, Kolonel Marinir Binsar Nainggolan mengarakan, sinergitas TNI Polri hanya mampu mencegah 5 persen penyebaran COVID-19. Untuk itu, diperlukan peran serta masyarakat agar penyebaran COVID-19 bisa dicegah.

"Sinergitas TNI Polri hanya mampu mencegah 5 persen penyebaran COVID-19. Dan 90 persen lebihnya lagi apabila Polri TNI dan seluruh masyarakat dapat melaksanakan program ini dengan sadar dengan 4 M ini," ujarnya.

Pengurus DKM Masjid Al Abrar, Zainul Arifin mengucapkan terima kasih kepada TNI Polri yang telah membagikan masker dan tempat cuci tangan. Dengan ini, ia berharap masyarakat dapat disiplin dengan selalu menggunakan masker.

"Alhamdulilah terima kasih banyak kepada Polri TNI. Semoga masyarakar disiplin memakai masker," ucapnya

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.