Sukses

Curhat Guru Asal Padang ke Jokowi Kesulitan Lakukan Pembelajaran Daring

Jokowi menekankan pentingnya para guru memotivasi siswa di tengah pandemi corona.

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela kesibukannya sebagai Kepala Negara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan berbincang dengan seorang guru asal Padang, Rika Susi Waty melalui panggilan video. Kepada guru matematika SMP Negeri 7 Padang itu, Jokowi menanyakan bagaimana aktivitas belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19.

"Kita sudah enam bulan kegiatan belajar anak-anak ini lewat cara belajar online sampai sekarang. Bagaimana menurut Ibu?" tanya Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat (11/9/2020).

Rika mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan di masa pandemi namun dilakukan secara daring atau online. Dia mengaku pembelajaran daring membuatnya sedikit kesulitan untuk memantau perkembangan belajar anak didiknya secara langsung.

"Kita enggak bisa memantau anak itu mampu atau tidak ya. Karena kita enggak bisa (bertemu) langsung begitu, Pak," kata Rika.

Dia mengatakan awalnya tak semua peserta didik dapat mengikuti pembelajaran daring karena tidak memiliki perangkat teknologi atau seluler. Namun, pihak sekolah mencarikan solusi dan memfasilitasi para siswa tersebut untuk dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki sekolah.

"Kebetulan kita data betul anaknya, terus kita cek anaknya ke rumah. Memang tidak mampu. Jadi kita fasilitasi ke sekolah, Pak. Pakai komputer sekolah. Ada beberapa orang, enggak banyak," tutur Rika.

Untuk memotivasi anak didiknya, Rika terbiasa menghubungi para murid melalui panggilan video atau pesan suara. Dari perbincangan dengan para muridnya itu, kebanyakan siswa ingin segera kembali beraktivitas di sekolah.

"Kalau saya pribadi ya, Pak, kadang saya video call atau saya kirim pakai voice note. Cuma anak-anak ngomongnya gini, jadi kangen sekolah semuanya," ujarnya.

"Ya, yang saya dengar semuanya seperti itu," jawab Jokowi.

 

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motivasi Siswa

Jokowi menekankan pentingnya para guru memotivasi siswa di tengah pandemi corona. Hal ini agar para siswa semangat belajar jarak jauh melalui daring

"Yang paling penting memang bagaimana memotivasi anak agar semangat belajar dalam masa pandemi ini tetap pada posisi yang baik," katanya.

Dia menyebut saat ini pembelajaran secara tatap muka masih belum dapat dilakukan sebab pemerintah memprioritaskan keselamatan anak dan masyarakat dari penyebaran Covid-19. Untuk itu, Jokowi berpesan agar Rika dan seluruh tenaga pendidik tetap semangat menyampaikan pelajaran kepada para siswa.

"Memang alangkah baiknya kalau tatap muka, tapi masa pandemi seperti ini memang risikonya kalau nanti anak terpapar Covid ya semuanya menjadi salah. Bu Rika tetap semangat, tetap semangat. Salam semua untuk anak-anak," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.