Sukses

Polda Metro Gandeng Ormas Tanah Abang Tertibkan Warga Tak Pakai Masker

Para relawan dari ormas ini akan dilatih terlebih dahulu sebelum dilibatkan membantu petugas menertibkan warga yang tak memakai masker.

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Masyarakat (Ormas) di Tanah Abang, Jakarta Pusat diminta membantu aparat penegak hukum mengawasi aktivitas masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, terutama terkait penggunaan masker.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, semua pihak harus saling mengingatkan pentingnya mengenakan masker guna mencegah penularan Covid-19.

Dalam hal ini, Nana pun mengumpulkan sejumlah komunitas di Tanah Abang untuk mendisiplinkan masyarakat. Di kawasan tersebut, kata Nana, terdapat 18 komunitas masyarakat.

"Itu ada warga di Tanah Abang, Ormas, PD Pasar Jaya, dan karyawan Pasar Tanah Abang," kata Nana di Pasar Tanah Abang, Jumat (11/9/2020)

Di tempat yang sama, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, mereka yang terpilih menjadi relawan akan dilatih terlebih dahulu sebelum turun ke lapangan menertibkan masyarakat.

"Kondisi masyarakat saat ini sedang susah, kena PHK, lalu kena denda juga. Makanya kalau bisa yang humanis, agar tercapai sasaran yang tinggi," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Libatkan Ormas di Wilayah Lain

Dalam kesempatan itu, Nana juga memberikan rompi khusus berwarna kuning kepada para relawan dari 18 ormas dan komunitas di Tanah Abang yang akan dilibatkan untuk menertibkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini, gerakan pelibatan ormas baru dilakukan di kawasan Tanah Abang. Nantinya, Polda Metro juga akan melibatkan komunitas dan ormas lain dalam pengawasan protokol kesehatan akan di seluruh wilayah yang berada di bawah naungan Polda Metro Jaya.

"Nanti dari setiap komunitas kita akan tunjuk beberapa orang. Yang ditunjuk akan melakukan pengawasan dan pendisiplinan terkait protokol kesehatan. Tapi sebelumnya tentu akan diberi pelatihan," ujar Nana.

Pada kesempatan itu, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemeritah Kota Jakarta Pusat juga memberikan ribuan masker gratis kepada masyarakat di kawasan Tanah Abang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.