Sukses

Top 3 News: Semua Mal di Jakarta Tutup Saat PSBB Dimulai

Top 3 News hari ini, PSBB kembali diberlakukan pada 14 September nanti. Semua mal yang ada di wilayah DKI akan ditutup, kecuali tenant.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menutup semua mal di wilayah DKI Jakarta saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimulai Senin, 14 September 2020.

Meski ditutup, tenant yang menyediakan kebutuhan rumah tangga,kesehatan, restoran, yang berada di dalam mal tetap beroperasi. Untuk restoran hanya boleh diberlakukan jasa antar atau delivery.

Kembali diberlakukannya penerapan PSBB seperti di awal pandemi disebabkan melonjaknya angka kasus positif baru Covid-19 di Ibu Kota. Dalam sehari bisa meningkat 1.000 lebih pasien positif.

Berita terpopuler kedua masih terkait penerapan PSBB di DKI Jakarta. Tak hanya membatasi sejumlah aktivitas warga dan sektor usaha, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan merazia warga yang tak bermasker saat keluar rumah.

Selain aparat kepolisian, operasi yustisi yang nanti akan digelar akan turut melibatkan anggota TNI, Satpol PP, dan pihak kejaksaan.

Lantas seperti apa pengawasan di bandara saat PSBB kembali berlaku?

Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Adi Ferdian Saputra mengatakan telah memberikan 500 masker kepada para pekerja dan mitra yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 10 September 2020:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. PSBB Total, 14 September Semua Mal di Jakarta Tutup

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengambil langkah rem darurat dan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 14 September. Kondisi ini mengharuskan pusat perbelanjaan atau mal kembali tutup.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif DKI, Gumilar Ekalaya mengonfirmasi selama PSBB berlangsung mal akan ditutup. Kebijakan ini menurutnya telah dilakukan pada PSBB pertama.

Kendati ditutup, Gumilar menuturkan tenant yang menyediakan kebutuhan rumah tangga,kesehatan, restoran, yang berada di dalam mal tetap beroperasi.

"Seperti awal PSBB mal buka hanya untuk supermarket saja, kecuali restoran boleh buka tapi hanya untuk delivery (layanan antar) saja," kata Gumilar, Kamis (10/9/2020).

Untuk landasan hukumnya, Gumilar mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) untuk PSBB kedua.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. DKI Berlakukan PSBB Total, Wakapolri: Kami akan Razia Warga Tak Bermasker

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Gatot Eddy mengaku siap menggelar operasi yustisi untuk merazia warga yang tak bermasker demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

Hal itu diungkapkan usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil kebijakan untuk melaksanakan PSBB Total di Ibu Kota.

"Masker ini yang paling penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan kita akan tegas ya untuk melaksanakan operasi ini," kata Gatot saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/9/2020).

Dia menjelaskan, operasi digelar tidak hanya mengerahkan personel kepolisian, tetapi juga akan melibatlan anggota TNI, Satpoll PP, dan kejaksaan.

Operasi ini, lanjut dia, akan dilakukan sepanjang hari, mulai dari pagi, siang, dan malam hari. Bagi wilayah yang telah menerapkan jam malam, operasi juga akan digelar di waktu tersebut.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Polisi Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta

Semakin meningkatnya kasus penularan Covid-19 di Indonesia, Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta kembali memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan di seluruh terminal yang ada di wilayah bandar udara internasional itu. Juga di perkantorannya.

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Adi Ferdian Saputra mengatakan, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pihak otoritas bandara terkait hal tersebut.

Adi juga menuturkan, pihaknya juga saat ini telah memberikan 500 masker kepada para pekerja dan mitra yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. Seperti petugas kebersihan, sopir taksi, petugas parkir, hingga aircrew.

Polisi pun mengaku siap melakukan penegakan aturan kepada para pelanggar penggunaan masker yang ada di seluruh wilayah Bandara Soekarno-Hatta sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh otoritas bandara.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.