Sukses

Pasien Covid Meningkat 100 Persen, Pemkab Tangerang Operasikan Lagi Griya Anabatic

Hingga kini, angka penularan Covid-19 di Kabupaten Tangerang naik drastis bila dibandingkan dengan penerapan PSBB sebelumnya.

Liputan6.com, Tangerang - Pemerintah Kabupaten Tangerang akan mengoperasikan kembali Griya Anabatic di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangsel, untuk merawat pasien Covid-19. Langkah ini dilakukan seiring makin meningkatnya angka penularan Covid-19.

"Iya rencananya begitu, ini masih rapat pembahasan," ungkap Juru Bicara Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Senin (7/9/2020).

Hingga kini, angka penularan Covid-19 di Kabupaten Tangerang naik drastis bila dibandingkan dengan penerapan PSBB sebelumnya. Yakni terdapat 848 pasien, dengan 230 pasien Covid-19 diantaranya yang masih dalam perawatan.

"Meningkatnya sampai 100 persen kasus yang positif (covid-19),"kata Hendra.

Sebelumnya, Griya Anabatic sempat dioperasikan selama 90 hari, pada saat pademi Covid-19 baru masuk ke Indonesia. Yakni pada April hingga Juni 2020, kemudian lantaran angka pasien yang menurun drastis, operasional Griya Anabatic ditutup.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampung 90 Pasien

"Saat itu pasien bisa ditangani di tiga rumah sakit rujukan di Kabupaten Tangerang, seperti di RSUD Kabupaten Tangerang, RSUD Balaraja, dan RS Siloam Kelapa Dua," tutur dr Hendra.

Namun kini, melihat angka penderita Covid yang semakin meninggi, Pemkab setempat berencana membuka kembali Griya Anabatic sebagai tempat merawat pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) serta bergejala ringan. Tempat yang menyerupai rumah susun tersebut mampu menampung 90 pasien dengan pendampingan 100 tenaga medis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.