Program Kita Cinta Papua, Kemenag Gelontorkan Bantuan Dana Rp 65 Miliar

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 06 Sep 2020, 14:22 WIB
Diperbarui 06 Sep 2020, 14:23 WIB
Kemenag golontorkan dana Rp 65 miliar untuk program Kita Cinta Papua
Perbesar
Kemenag golontorkan dana Rp 65 miliar untuk program Kita Cinta Papua. (Tim Biro Humas Komunikasi Kementerian Agama)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menggelontorkan dana Rp 65 miliar untuk program "Kita Cinta Papua" atau KCP di Kota Jayapura.

Diketahui, program ini bertujuan untuk memacu kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Papua di bidang agama dan pendidikan melalui jalur keagamaan.

"Jadi ini berupa beasiswa untuk anak-anak Papua, bantuan pendidikan agama dan keagamaan, serta bantuan untuk lembaga keagamaan. Total nilai bantuan yang diberikan adalah Rp 65 miliar untuk Papua dan Papua Barat," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam siaran pers, Minggu (9/6/2020).

Menurut Fachrul, keberagaman di Papua membuat bangga Indonesia di mata dunia. Hal itu sering disampaikan Fachrul setiap kali bertemu tamu dan teman dari sejumlah negara asing.

"Setiap teman asing bertanya tentang kerukunan, saya selalu bilang, belajarlah dari Indonesia, negara dengan beraneka ragam budaya dan agama, namun tetap rukun bersatu dalam Indonesia," kata dia.

"Bila ingin menelaah lebih jauh tentang kerukunan, datanglah ke Papua, khususnya Papua Barat, provinsi dengan indeks kerukunan tertinggi di Indonesia," imbuh dia.

Program ini, resmi diluncurkan 3 September 2020. Pada tahap pertama, beasiswa diberikan kepada 257 mahasiswa Kristen Papua untuk kuliah S-1 di enam Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN), yaitu di Manado, Ambon, Toraja, Palangkaraya, Kupang dan Tarutung (Sumut).

Enam Rektor STAKN diundang ke Papua untuk menjemput para calon mahasiswanya. Kemudian pada 6 September 2020, mereka akan dibawa para rektor langsung ke kampus masing-masing.

"Insyaallah dengan program ini, mulai tahun 2024 setiap tahun paling tidak kita mendapat tambahan 200 anak Papua sarjana S-1 yang siap mengabdi di Papua atau di wilayah Indonesia lainnya, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," harap Fachrul.

 

2 dari 3 halaman

Bangun Sekolah Keagamaan

Kemenag golontorkan dana Rp 65 miliar untuk program Kita Cinta Papua
Perbesar
Kemenag golontorkan dana Rp 65 miliar untuk program Kita Cinta Papua. (Tim Biro Humas Komunikasi Kementerian Agama)

Sebagai informasi, beasiswa ini juga diberikan kepada 285 mahasiswa muslim, 90 mahasiswa Katolik, bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), dan bantuan operasi sekolah (BOS) untuk sekolah-sekolah keagamaan Islam, Kristen, Katolik dan Buddha.

Tak hanya beasiswa, dana Rp 65 miliar juga digelontorkan Kemenag untuk membangun lima gedung baru madrasah, memberi bantuan pembelajaran daring, serta bantuan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Pada tahap berikutnya, dalam waktu dekat, Menag Fachrul juga akan membangun kantor-kantor Kemenag tingkat kabupaten yang belum terbangun.

"Kemenag akan memperbanyak penyuluh-penyuluh agama. Selain melaksanakan tugas pokoknya, mereka dapat juga diperankan sebagai motivator anak-anak usia sekolah," dia menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓