Sukses

32 Relawan Satgas Pusat Ikut Bantu Penanggulangan Covid-19 di Kota Bogor

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erna Nuraena mengatakan, 32 relawan ini akan bergabung dengan beberapa kelompok kegiatan sesuai dengan latar belakang keahlian mereka.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 32 orang relawan dari Satuan Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat akan segera bergabung dengan tim dari Kota Bogor.

Para relawan tersebut akan membantu Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor dalam menekan dan pencegahan penyebaran virus corona yang terus melonjak sejak tiga pekan terakhir di wilayah itu.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, bergabungnya teman-teman relawan dari pusat akan sangat membantu dalam penguatan percepatan penanganan Covid-19 di Kota Bogor.

"Nanti tinggal ditentukan mau fokus kemana, ke unit lacak, unit pantau atau edukasi AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru)," ujar Bima, Kamis (3/9/2020).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erna Nuraena mengatakan, 32 relawan ini akan bergabung dengan beberapa kelompok kegiatan sesuai dengan latar belakang keahlian mereka.

Ada kelompok kegiatan edukasi AKB, Tim Lacak dan Tim Pantau. Kelompok edukasi terdiri dari semua OPD yang bergerak setiap hari dibantu unsur relawan organisasi profesi, pemuda, dan PKK.

Sedangkan Tim Lacak melakukan pelacakan dan penelusuran terhadap orang yang kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif.

"Di tingkat kecamatan dan kelurahan masing-masing ada 5 orang, jadi kalau ditotal ada sekitar 740 orang," terangnya.

Sementara tugas Tim Pantau yakni untuk memastikan bahwa seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit maupun diisolasi di rumah

"Kalau tim pantau setiap kecamatan dan kelurahan satu orang," ujar Erna.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif Sendiri

Wakil Tim Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Pusat Rhaka Yoga Anggara mengatakan, bergabungnya puluhan relawan dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor atas inisiatif tim sendiri.

Pihaknya siap membantu memperkuat Tim Lacak, Tim Pantau, dan Tim Edukasi di lapangan. Namun sebelumnya, ia akan memetakan keahlian para relawan sesuai dengan latar belakang mereka.

"Kami juga harus berkoordinasi dengan Pemkot Bogor bisa membantu di tiga kelompok kegiatan mana. Supaya mereka bisa ditempatkan di kelompok yang sesuai," terang Rhaka.

Hingga Kamis pukul 16.00 WIB, terjadi penambahan kasus baru positif Covid-19 yakni sebanyak 22 orang. Dengan begitu, total keseluruhan kasus Covid-19 di Kota Bogor berjumlah 688 orang.

Namun, jumlah pasien sembuh ikut bertambah yakni sebanyak 25 orang. Pasien meninggal hari ini nihil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.