Kota Bogor Dapat Bantuan Alat PCR Portabel Covid-19 Senilai Rp 1 Miliar

Oleh Achmad Sudarno pada 31 Agu 2020, 03:30 WIB
Diperbarui 31 Agu 2020, 03:30 WIB
Kota Bogor menerima bantuan alat PCR Portabel dari Satgas Covid-19 Jawa Barat
Perbesar
Kota Bogor menerima bantuan alat PCR Portabel dari Satgas Covid-19 Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Bogor mendapat bantuan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) Portabel untuk tes usap atau swab test dari Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Minggu (30/8/2020).

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, bantuan alat tersebut sangat membantu memetakan potensi kasus dan sebaran Covid-19 selama pandemi masih terjadi.

"Target swab test yang ditetapkan WHO sebesar 1% dari jumlah populasi sudah hampir selesai yakni 10.350 sampel spesimen dari 11.000 sampel. Setelah target tercapai, adanya bantuan PCR ini kita bisa terus lakukan swab test selama pandemi Covid-19 masih terjadi," terang Dedie, Minggu.

Menurutnya, dengan alat PCR portabel bantuan dari Pemprov Jabar tersebut, hasil tes Covid-19 dapat diketahui dalam waktu singkat.

"Kapasitasnya 36 sampel dan 1 jam hasilnya sudah keluar," ujar Dedie.

Namun demikian, alat canggih seharga Rp 1 miliar itu tidak dapat langsung dioperasikan. Hal tersebut lantaran belum memiliki sertifikasi Bio Safety Cabinet level 2 dari lembaga terkait.

"Prosesnya sekitar sebulan. Alat ini akan dioperasikan di Labkesda Bogor dengan dua alat PCR yang kita punya," kata dia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Update Kasus Covid-19 Kota Bogor

Kota Bogor Zona Merah COVID-19, Pemkot Akan Terapkan Jam Malam
Perbesar
Warga beraktivitas di trotoar Lawang Salapan atau Tepas Salapan Mlawang Dasakreta, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/8/2020). Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan akan menerapkan jam malam, menyusul ditetapkannya kota hujan ini sebagai zona merah COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Hingga Minggu (30/8/2020) sore, terjadi penambahan kasus baru positif Covid-19 yakni sebanyak 23 orang. Sementara pasien positif Covid-19 yang meningal bertambah satu orang.

Total kasus positif di Kota Bogor kini berjumlah 597 orang. Namun begitu, tujuh orang dinyatakan telah sembuh.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓