Sukses

Agenda Pertama Tito Karnavian yang Kembali Jadi Mendagri Senin Besok

Kehadiran Tito tersebut sekaligus menanggapi pertanyaan keberadaannya setelah beredarnya Surat Penunjukan Mendagri Ad Interim.

Liputan6.com, Jakarta - Tito Karnavian akan kembali berkantor sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Senin, 31 Agustus 2020. Pada hari pertamanya kembali sebagai Mendagri ini, Tito akan menjadi pembicara di rapat koordinasi bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Rapat itu juga dihadiri seluruh gubernur, bupati dan wali kota secara virtual terkait Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

"Besok saya ada acara zoom meeting dengan Mendikbud dan semua Kepala Daerah," ujar Tito melalui keterangan tertulisnya, Minggu (30/8/2020).

Tito juga akan menjelaskan soal keberadaannya setelah beredarnya Surat Penunjukan Mendagri Ad Interim. Dia menyebut, penunjukkan Mendagri Ad Interim merupakan hal yang biasa.

"Sebenarnya penunjukkan Mendagri Ad Interim tersebut adalah hal yang biasa, sebagaimana tugas yang diberikan pimpinan lazimnya," jelas Tito.

Tito menceritakan, dia juga pernah ditunjuk Presiden sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Ad Interim pada Maret 2020 lalu.

"Karena Menkominfo saat itu sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri untuk menghadiri acara ASEAN Economic Ministers - ASEAN Digital Ministers (AEM-ADGMIN) Roadshow to the United States, di Amerika Serikat," tutup Tito.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunjuk Mahfud Md Jadi Mendagri Ad Interim

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melakukan kunjungan kerja ke Singapura pada 28 hingga 30 Agustus 2020. Tito disebut mendapat undangan dari Mendagri Singapura untuk membahas kerja sama penanggulangan Covid-19.

"Bapak Mendagri Tito Karnavian memang sedang ke luar negeri, yaitu ke Singapura. Beliau mendapat undangan dari Mendagri Republik Singapura untuk membahas kerja sama penanggulangan Covid-19," kata Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga, kepada wartawan, Jumat, 28 Agustus 2020.

Selain itu, Kastorius mengatakan kunjungan Tito ke Singapura juga untuk mendiskusikan kerja sama penanganan keamanan regional dan kelancaran program investasi di Indonesia. Pasalnya, Singapura adalah salah satu negara investor terbesar di Indonesia.

"Bapak Mendagri akan kembali ke Jakarta hari Minggu 30/08/2020," ujar dia.

Selama Tito Karnavian di Singapura, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md ditunjuk sebagai Mendagri Ad Interim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.