Sukses

Bioskop Diizinkan Beroperasi Kembali, Wagub DKI Tinjau Kesiapan Protokol Kesehatan

Ahmad Riza Patria meninjau persiapan bioskop di Jakarta yang direncanakan akan dibuka kembali. Bioskop pertama yang ditinjau Riza, XXI Theater di Pusat Grosir Cililitan (PGC).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau persiapan bioskop di Jakarta yang direncanakan akan dibuka kembali. Bioskop pertama yang ditinjau Riza, XXI Theater di Pusat Grosir Cililitan (PGC).

Dalam kegiatan tersebut ia memantau simulasi bioskop dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Semoga kita bisa membuka kegiatan ini dengan baik sebagai sarana hiburan yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Harapannya, simulasi penerapan protokol kesehatan di bioskop ini bisa berjalan dengan baik dan secepatnya bisa dibuka untuk warga," kata Riza, Sabtu (29/8/2020).

Saat meninjau bioskop, Riza didampingi oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Uus Kuswanto. Beserta beberapa anggota DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani, Ichwanul Muslimin, dan Adi Kurnia Setiadi. Selain itu turut hadir Head of Corporate Communications dan Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol.

Ia kembali mengingatkan saat bioskop kembali dibuka wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepada manajemen bioskop, Riza juga meminta untuk disediakan segala fasilitas sanitasi yang baik, QR code sebagai pengganti transaksi saat membeli tiket secara online, tanda batas bagi pengunjung untuk tetap menjaga jarak.

"Kita minta setiap pengelola bioskop menyiapkan QR Code, wastafel cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, traffic pengunjung juga harus diatur, petugas bioskop diminta menggunakan masker, face shield, penjagaan jarak harus diatur dan mengenakan sarung tangan. Alhamdulillah hari ini saat kita lihat langsung ke lokasi telah dipersiapkan. Semoga ini terus konsisten dijalankan," ucap politikus Gerindra itu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bioskop akan kembali diizinkan beroperasi. Saat ini, Pemprov DKI sedang mengkaji regulasi untuk pembukaan bioskop selama pandemi Covid-19.

"Dalam waktu dekat kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka, dengan protokol kesehatan yang tetap dilakukan," ujar Anies di Graha BNPB Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Anies menyebutkan nantinya dalam regulasi akan diatur secara detil mengenai aturan apa saja yang wajib diterapkan oleh pelaku usaha bioskop, karyawan, hingga pengunjung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Standar Pelayanan Baru

Salah satu poin penting saat bioskop dibuka adalah adanya standar pelayanan baru, seperti pembelian tiket hanya dilakukan secara online, pengunjung bioskop wajib sehat tidak bersuhu tubuh di atas 38 derajat, tidak flu, tidak batuk, tidak sesak nafas.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menuturkan, regulasi ini penting dibuat agar memastikan satu kegiatan usaha aman dari potensi penularan Covid-19.

"Lewat regulasi detil dan pengawasan ketat sehingga lelaku industri memberikan jasa tanpa resiko yang besar," ucapnya.

Dia melanjutkan, sejumlah pertimbangan bioskop di Jakarta diizinkan kembali dibuka mengingat pentingnya hiburan bagi warga Jakarta di tengah kondisi yang serba tertekan. Selain itu, ia juga berkaca dari beberapa negara yang tetap membuka bioskop kendati jumlah kasus Covid-19 tetap bertambah.

"Merujuk kepada studi dan kajian para pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan di dalam bisokop yang sudah dilaukan di berbagai negara, 47 negara saat ini kegiatan di bioskop sudah berjalan biasa di Korea Selatan bahkan selama masa pandemi bioskop tidak ditutup," ujarnya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.