Sukses

Mahfud Md Jadi Mendagri Ad Interim, Tito ke Singapura Bahas Covid-19

Menko Polhukam Mahfud Md ditunjuk menjadi Mendagri Ad Interim, menggantikan kursi Tito Karnavian untuk sementara waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melakukan kunjungan kerja ke Singapura pada 28 hingga 30 Agustus 2020. Tito disebut mendapat undangan dari Mendagri Singapura untuk membahas kerja sama penanggulangan Covid-19.

"Bapak Mendagri Tito Karnavian memang sedang ke luar negeri, yaitu ke Singapura. Beliau mendapat undangan dari Mendagri Republik Singapura untuk membahas kerja sama penanggulangan Covid-19," kata Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga, kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Selain itu, Kastorius mengatakan kunjungan Tito ke Singapura juga untuk mendiskusikan kerja sama penanganan keamanan regional dan kelancaran program investasi di Indonesia. Pasalnya, Singapura adalah salah satu negara investor terbesar di Indonesia.

"Bapak Mendagri akan kembali ke Jakarta hari Minggu 30/08/2020," ujar dia.

Selama Tito Karnavian di Singapura, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md ditunjuk sebagai Mendagri Ad Interim.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai Aturan

Penunjukan ini disebut sudah sesuai aturan. Saat Mendagri menjalankan tugas di luar negeri, maka perannya digantikan sementara oleh Menko Polhukam.

"Ya, Pak Mendagri melaksanakan tugas ke Singapore dari tanggal 28 sampai 30 Agustus. Untuk itu sesuai ketentuan, ditunjuklah Menko Polhukam sebagai ad interim Mendagri," jelas Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Setya Utama saat dikonfirmasi, Jumat.

Adapun Mendagri sebelumnya, Tjahjo Kumolo, tidak pernah dinas ke luar negeri. Tjahjo mengaku tak pernah berkunjung ke luar negeri selama menjabat sebagai Mendagri 2014-2019.

Tjahjo mengaku takut masalah justru tiba-tiba terjadi ketika dia sedang meninggalkan Indonesia.

"Saya mungkin satu-satunya menteri yang sampai lima tahun besok mau selesai ini tidak pernah berkunjung ke luar negeri," tutur Tjahjo dalam Konsolidasi Nasional 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum di JCC Senayan, Jakarta, Senin, 23 September 2019.

"Meninggalkan satu hari pun takut kalau ada masalah-masalah yang ada," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.