Sukses

Jokowi Bagi Modal Usaha ke Pedagang Bakpia hingga Angkringan di Yogyakarta

Jokowi mengingatkan agar bantuan tersebut digunakan untuk tambahan modal usaha dan berharap pendapatan para pedagang ikut meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta kepada para pelaku usaha mikro dan kecil di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). 

Jokowi mengingatkan agar bantuan tersebut digunakan untuk tambahan modal usaha dan berharap pendapatan para pedagang ikut meningkat. 

"Ini diberikan kepada pelaku usaha mikro dan kecil untuk semua bidang usaha yang hadir di sini, yang hadir. Saya dapat info ada pedagang minuman, ada yang produksi rempeyek, pedagang batik, (jasa) tambal ban, penyewaan sound system, laundry, pedagang bakpia, pedagang buah, pemilik warung makan, pedagang jajanan pasar, pedagang pasar angkringan, dah macem macem," kata Jokowi.

Dia pun menyadari saat ini omzet di seluruh sektor usaha sedang menurun akibat pandemi Covid-19. Tidak hanya berimbas pada pelaku usaha mikro kecil, namun juga pada usaha berskala besar. 

"Karena kondisi seperti ini saya tahu ada yang omzet biasanya Rp 500 ribu sekarang tinggal Rp 300 ribu, tinggal Rp 200 ribu. Ya memang kondisinya. Tadi saya sampaikan di awal, tidak mudah dan tidak gampang," ujar Jokowi.

Presiden menyampaikan jika nanti vaksinasi untuk pencegahan COVID-19 sudah dilakukan, dia meyakin kondisi bisa kembali normal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksin Covid-19

Jokowi juga menuturkan saat ini pemerintah telah mendapatkan komitmen penyediaan vaksin Covid-19.

Sedang di dalam negeri, pemerintah juga mengembangkan vaksin Covid-19 yang berkolaborasi dengan lembaga penelitian, perguruan tinggi, dan BUMN.

"Tapi saya yakini nanti insya Allah, Januari 2021 kita sudah mulai suntik vaksin biar keadaannya masuk ke kondisi normal kembali," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta