Sukses

Sederet Jurus Jokowi Bantu Masyarakat Akibat Krisis Pandemi Covid-19

Jokowi menyebut, pemerintah telah mengeluarkan semua jurus untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut, pemerintah telah mengeluarkan semua jurus untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Sejumlah bantuan dan insentif diberikan pemerintah kepada masyarakat di tengah krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19.

"Kita harus tetap semangat dan kerja keras, kuncinya di situ karena memang kondisinya tak gampang dan tidak mudah," ujar Jokowi saat membagikakan bantuan untuk pelaku usaha mikro dan kecil di Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

Adapun berbagai jurus yang dilakukan pemerintah berupa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa, bantuan sosial tunai, subsidi listrik, bantuan sembako, hingga subsidi gaji untuk pekerja.

Kemudian, bantuan presiden (banpres) sebesar Rp 2,4 juta kepada pelaku usaha mikro dan kecil untuk modal usaha.

"Karena kondisi ini saya tahu ada yang omzetnya Rp 500 ribu, sekarang sisa 300 (ribu), sisa 200 (ribu), ya karena kondisinya tak mudah dan gampang. Ada yang omzetnya Rp 1 juta sisa 400 (ribu)," katanya.

Jokowi mengatakan bahwa kondisi ini juga dialami oleh 215 negara akibat pandemi corona. Namun, dia meyakini ekonomi Indonesia kembali pulih apabila vaksin corona susah ditemukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembangkan Vaksin

Saat ini, pemerintah tengah berupaya mengembangkan vaksin asal China dan diharapkan dapat digunakan di Indonesia. Vaksin diperkirakan mulai tersedia pada awal tahun depan.

"Nanti Insyaallah, kalau sudah pada kondisi di mana yang namanya vaksin sudah diproduksi dan dimulai disuntikkan kepada masyarakat semuanya itu kita akan berada pada posisi normal," jelas Jokowi.

Sebagai informasi, banpres produktif dari pemerintah merupakan hibah untuk pelaku usaha mikro dan kecil. Bantuan ini akan disalurkan ke 12 juta pelaku usaha secara bertahap dengan total alokasi anggaran Rp 22 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

Video Terkini