Sukses

Hari Ini, 10 Pegawai KPK Terkonfirmasi Positif Covid-19

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan tes swab PCR terhadap 194 pegawainya pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan tes swab PCR terhadap 194 pegawainya pada Kamis, 27 Agustus 2020. Tes swab dilakukan di Gedung Juang KPK bekerjasama dengan poliklinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto.

"Dari hasil swab beberapa pegawai KPK, maka perhari ini telah diperoleh informasi ada 10 pegawai yang terpapar virus Covid-19," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

10 orang tersebut terdiri dari 4 orang yang bekerja di direktorat penyidikan, dan 6 dari pegawai outsourching pada biro umum KPK. Satu dari empat orang yang positif Covid-19 di direktorat penyidikan diketahui Novel Baswedan.

"KPK telah mengambil langkah terhadap para pegawai yang telah terkonfirmasi positif dengan dilakukan isolasi mandiri dan telah dalam pemantauan layanan kesehatan tempat tinggal terdekat," kata Ali.

Ali menyebut, lantaran ada pegawai di direktorat penyidikan yang terkonfirmasi positif, maka kegiatan pada kedeputian penindakan untuk beberapa perkara sementara dilakukan penjadwalan ulang pemeriksaan.

"Namun khusus yang karena keterbatasan waktu penyelesainnya sesuai ketentuan UU maka tetap segera diselesaikan dengan protokol yang diperketat," kata Ali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berawal dari 9 Pegawai Positif Covid-19

Diketahui, tes swab PCR terhadap 194 pegawai ini dilakukan karena sebelumnya sebanyak 9 pegawai, 4 non pegawai, dan 1 tahanan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab sebelumnya.

"Berdasarkan tes swab yang dilakukan BBTLKPP Kemenkes terhadap berapa pegawai dan tahanan telah ditemukan ada 9 pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, 4 orang non pegawai/outsourching dan 1 orang tahanan dinyatakan positif terpapar Covid 19," ujar Ali dalam keterangannya, Kamis (27/9/2020).

Ali menyatakan, mereka yang terpapar virus Covid-19 sudah berikan tindakan medis demi meminimalisir penularan. Ali mengatakan, bagi para pegawai dan non pegawai telah diisolasi mandiri bekerjasama dengan puskesmas di sekitar kediaman para pegawai.

"Sedangkan untuk tahanan telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri," kata Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.