Sukses

Antisipasi Polri Lancarkan Lalin saat Libur Panjang Diapresiasi

Kepemimpinan yang baik dengan bersedia memantau secara langsung kondisi lalu lintas telah ditunjukkan oleh Kakorlantas.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi arus lalu lintas saat libur panjang Tahun Baru Islam yang terpantau aman dan lancar tidak terlepas dari peranan Polri, dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), yang terus berupaya menerapkan manajemen lalu lintas dan antisipasi yang baik.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari pakar bidang Psikologi Lalu Lintas (traffic psychology) Universitas Indonesia

Prof Dr Guritnaningsih P Santoso. Guru Besar UI ini mengatakan, peningkatan kualitas kerja Korlantas dalam mengatur lalu lintas semakin kuat.

"Saya kira komitmen Korlantas untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di jalan raya, serta ketertiban dalam berkendara sudah semakin kuat," ujarnya melalui pesan WhatsApp, Senin (24/8/2020).

Selain itu, indikator yang mendorong kondisi lalu lintas berjalan dengan lancar juga dikarenakan telah terjalinnya koordinasi yang baik antarjajaran di institusi Kepolisian yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas tersebut, sehingga setiap kebijakan selalu kompak dijalankan dengan maksimal.

"Hal itu tentunya terbentuk dengan adanya kebijakan yang secara internal Korlantas disosialisasikan ke jajaran Korlantas di daerah," imbuhnya.

Guritnaningsih pun menilai bentuk kepemimpinan yang baik dengan bersedia memantau secara langsung kondisi lalu lintas telah ditunjukkan oleh Kakorlantas sehingga menularkan semangat kerja yang tinggi kepada petugas yang bekerja siang malam.

"Keterlibatan pimpinan yang ikut terjun ke lapangan saya kira juga pegang (punya) peranan," tandasnya.

Sementara itu, apresiasi juga datang dari Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW) atas lancarnya lalin arus balik liburan panjang Tahun Baru Islam.

"Dalam waktu berdekatan kita ada 3 Libur panjang, Libur Idul Adha, 17 Agustusan dan Tahun Baru Islam, Polri khususnya Korlantas mampu mengantisipasi dan bersinergi dengn Kemenhub dan Dishub daerah dan membuat arus lalin lancar, ini harus diapresiasi," ujar Varhan Abdul Azis selaku Sekretaris Eksekutif IBSW.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patroli Jakarta-Cikampek

Diketahui, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono melakukan patroli memantau ruas tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan kelancaran arus balik long weekend Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dari luar daerah menuju Jakarta.

Kakorlantas yang saat itu didampingi oleh Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksa, Wadirlantas Polda Jabar AKBP Ahmad Fuady dan Wakapolres Karawang Kompol Faisal Pasaribu menyampaikan bahwa kondisi arus kendaraan menuju Jakarta terpantau lancar.

"Jadi kita lihat di KM 62 ini, ramai lancar. Jadi hanya tinggal 10 persen dan 8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta pada hari Minggu," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.