Sukses

Jokowi di HUT PAN: Banyak Orang di Zona Nyaman yang Terusik saat Ada Perubahan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sambutan dalam perayaan hari ulang tahun ke-22 Partai Amanat Nasional (PAN).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sambutan dalam perayaan hari ulang tahun ke-22 Partai Amanat Nasional (PAN). Pada sambutannya itu, Jokowi sempat menyinggung soal orang yang terusik saat perubahan dilakukan.

Awalnya, Jokowi mengucapkan selamat kepada PAN. Dia kemudian, membahas soal langkah extraordinary yang dilakukan bangsa Indonesia berupa reformasi.

"Saya menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-22 (untuk PAN). 22 tahun yang lalu, saat bangsa kita memulai sebuah langkah yang extraordinary, langkah itu kita sebut reformasi, sebuah langkah bersama dan langkah kesepakatan bersama melakukan perubahan besar-besaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Jokowi lewat virtual di acara HUT ke-22 PAN, Minggu (23/8/2020).

Menurut dia, semangat reformasi sangat relevan dengan kehidupan saat ini. Jokowi menyebut, dalam menghadapi krisis kesehatan dan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, harus dilakukan langkah-langkah luar biasa.

"Kita harus memperkuat reformasi, melakukan langkah-langkah extraordinary, langkah-langkah perubahan-perubahan fundamental, memanfaatkan momentum krisis ini untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan," tutur Jokowi.

Tetapi, lanjut dia, reformasi sekarang ini tidak mudah dilakukan karena sudah terlalu banyak orang yang menikmati situasi yang enak dan nyaman.

"Terlalu banyak orang yang sudah lama menikmati zona nyaman, zona nyaman secara ekonomi, zona nyaman karena status, sehingga merasa terusik ketika dilakukan perubahan-perubahan," ucap Jokowi.

Oleh sebab itu, lanjut dia, ruang kompetisi harus dibuka dan persaingan yang sehat harus diberi peluang untuk semua bidang.

"Kita jangan takut dengan kompetisi, dan jangan takut bersaing," tegas Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak PAN Kejar Ketertinggalan Indonesia

Jokowi pun mengajak momentum krisis ini dijadikan peluang untuk melakukan lompatan-lompatan mengejar ketertinggalan di saat negara maju mengalami kemunduran. Kemudian, kesempatan untuk membenahi kelemahan fundamental dan kesempatan untuk mengeksekusi strategi-strategi besar negara.

"Saya percaya PAN sejalan dengan semangat yang saya sampaikan tadi, sejalan dengan semangat pemerintah yang sedang dijalankan. Kita harus bergerak serentak mendobrak semua tantangan, dengan melakukan langkah-langkah perbaikan yang extraordinary, untuk melakukan lompatan kemajuan menuju Indonesia maju yang kita cita-citakan. Selamat hari jadi yang ke-22 PAN," pungkasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.