Sukses

Ayo Ikuti Sayembara Pembuatan Video Pembelajaran Praktik SMK, Berhadiah Rp 15 Juta

Sayembara itu guna memenuhi pembelajaran praktik siswa SMK yang banyak terhambat semenjak pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar sayembara pembuatan 1.000 video pembelajaran praktik siswa SMK.

Seperti dikutip dari laman resmi Direktorat SMK Kemendikbud, sayembara itu guna memenuhi pembelajaran praktik siswa SMK yang banyak terhambat semenjak pandemi Covid-19.

"Pemerintah dalam hal ini Direktorat SMK memandang perlu mengambil langkah-langkah untuk tetap memberikan solusi bagi peserta didik SMK untuk mendapatkan layanan pembelajaran yang memadai. Antara lain dengan menyediakan materi pembelajaran praktik yang dapat diakses oleh siswa secara mandiri agar siswa dapat belajar melalui video pembelajaran," tulis laman itu yang dilihat pada Kamis (20/8/2020).

Idealnya, 70 persen pembelajaran di SMK adalah praktik dan selebihnya teori. Namun, hal itu terhambat akibat pandemi Covid-19 ini.

"Pembelajaran telah dilakukan secara dalam jaringan (daring). Namun demikian, siswa SMK relatif tidak terlayani dalam pembelajaran praktik, karena situasi pandemi yang menghendaki protokol pembelajaran yang ketat, serta kebijakan pemerintah daerah yang berbeda-beda ditambah dengan kesiapan infrastruktur di masing-masing sekolah yang belum mencukupi," jelas laman itu.

Video itu dapat digunakan oleh siswa SMK untuk belajar secara mandiri, dapat pula digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi guru SMK dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah.

"Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas dan mengingat banyaknya materi pembelajaran yang ada di SMK, maka Direktorat SMK menyelenggarakan program pembuatan video pembelajaran praktik kejuruan SMK yang dikemas dalam Sayembara 1000 Video Pembelajaran SMK yang akan diikuti oleh Warga SMK, BBPPMPV dan BPPMPV," urai penjelasan sayembara di laman Direktorat SMK Kemendikbud.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiah Rp 15 Juta

Bagi peserta yang videonya lolos seleksi, Direktorat SMK Kemendikbud akan memberikan penghargaan berupa uang dengan nominal Rp 15 juta per video.

Bagi yang berniat mengikuti sayembara ini bisa langsung mendaftar ke tautan http://psmk.kemdikbud.go.id/karyainovatif. Dan unduh panduan pembuatan videonya pada tautan berikut: https://s.id/Panduan-1000-video.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.