Sukses

Survei SMRC: Mayoritas Warga Keluhkan Biaya Sekolah

SMRC juga menemukan, banyak populasi yang disurvei mengaku kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) kembali merilis hasil survei. Temuan SMRC menyebut bahwa 59 persen warga mengaku merasa kesulitan atau cukup kesulitan dalam membayar sekolah atau kuliah.

"Dari 70 persen warga yang memiliki anggota keluarga masih sekolah atau kuliah, sekitar 59 persen merasa banyak atau cukup banyak kesulitan membayar biaya sekolah," kata Manajer Kebijakan Publik SMRC Tati D. Wardi saat pemaparan survei, Selasa (18/8/2020).

SMRC juga menemukan, banyak populasi yang disurvei mengaku kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Sebanyak 92 persen mereka mengaku kesulitan melakukan pembelajaran daring.

"Dari belajar atau yang kuliah online hampir semua 92 persen merasa sangat banyak atau cukup banyak yang mengganggu dalam kuliah online," ujarnya.

Tati menerangkan, survei SMRC tersebut dilakukan pada 5-8 Agustus 2020 dengan memilih sampel secara random dari populasi pemilih yaitu warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Seluruh responden dalam survei tersebut diwawancarai dengan tatap muka.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipilih Random

"Untuk mengetahui perkembangan isu-isu mutakhir, maka dilakukan survei telepon terhadap responden survei tersebut. Sampel survei dengan telepon ini hanya untuk responden yang memiliki telepon/cellphone, sebesar 71 persen dari populasi nasional," beber dia.

Menurut Tati, sampel sebanyak 2201 responden dipilih secara acak dengan jumlah proporsional menurut provinsi. Margin kesalahan survei dikalkulasikan sekitar 2,1 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.