Sukses

Rayakan HUT ke-75 RI, Megawati Kenang Pengalaman Tinggal di Kapal Perang

Megawati mengatakan, ketika itu dirinya tak diizinkan oleh Panglima TNI untuk tinggal di wilayah daratan karena faktor keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengungkapkan hal yang berkesan selama dirinya memimpin Indonesia. Awalnya, Megawati menceritakan pengalamannya saat terjadi konflik di Maluku di masa pemerintahannya pada periode 2001-2004.

Kala itu, Megawati mengatakan dirinya tak diizinkan oleh Panglima TNI untuk tinggal di wilayah daratan karena faktor keamanan. Sehingga, kala itu Megawati tinggal di kapal perang.

"Akhirnya kami memutuskan, maksud saya dengan Panglima dan bagian keamanan lainnya, maka saya tinggal di kapal perang," kata Megawati seperti yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden dalam rangka HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengaku tinggal di kapal perang menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Hampir dua minggu Megawati tinggal di kapal perang itu.

"Bayangkan hampir dua minggu saya mempergunakan kapal perang itu sebagai tempat tinggal," ucapnya.

Megawati menyebut dirinya tak mengetahui banyak soal kapal perang. Namun, hal yang membuatnya terkejut ternyata fasilitas di kapal perang dan komersil berbeda.

"Saya sebenarnya praktis tidak mengetahui kapal perang itu seperti apa. Yang paling juga itu yang paling menjadi sebuah hal yang sangat terkesan karena menurut saya, ya lucu ternyata tangganya itu tidak seperti kapal-kapal penumpang ataupun komersial," tuturnya.

"Tangganya itu tegak lurus. Jadi bayangkan, saya bukannya membesar-besarkan, tapi sebagai perempuan kalau mau naik turun, ya saya harus menggunakan tangga yang tegak lurus itu," sambung Megawati.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan untuk Masa Depan

Meski begitu, dia bersyukur semuanya dapat berjalan dengan baik. Megawati pun berpesan kepasa generasi muda Indonesia agar memiliki harapan untuk masa mendatang.

"Sebaiknya kita, apalagi generasi muda itu selalu mesti mempunyai keyakinan dan harus punya harapan itu yang harus diutamakan menurut saya," jelas Megawati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.