Sukses

Upacara HUT ke-75 RI yang Digelar secara Daring Pecahkan Rekor MURI

Penghargaan diserahkan Pendiri MURI Jaya Suprana secara virtual kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI. Rekor ini didapat karena pelaksanaan HUT ke-75 RI secara daring diikuti peserta dengan jumlah terbanyak.

Total ada 17.845 peserta yang mengikuti pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI secara daring. Penghargaan diserahkan Pendiri MURI Jaya Suprana secara virtual kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

"Dengan ini secara resmi MURI menganugerahkan piagam penghargaan kepada Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara atas penyelenggaraan rekor sebagai pemrakarsa dan penyelenggara upacara peringatan HUT kemerdekaan secara daring oleh peserta terbanyak," kata Jaya melalui video conference di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020).

Menurut dia, piagam penghargaan ini bukan hanya rekor Indonesia namun juga dunia. Sebab, belum ada negara yang menggelar acara kemerdekaan secara daring.

"Upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI secara daring oleh peserta terbanyak sekaligus juga yang pertama dilakukan dalam sejarah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh MURI. Dia mengatakan ada 70 orang yang bertugas memandu para peserta secara daring.

"Kami jajaran Setpres mengucapkan terima kasih. Di sini ada 60-70 putra putri yang kami pilih jadi host untuk memandu acara kenaikan maupun penurunan bendera secara daring," jelas Heru.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pejabat yang Hadir Dibatasi

Seperti diketahui, upacara HUT ke-75 RI di Istana Merdeka digelar secara khidmat, sederhana, dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pihak Istana tidak mengundang masyarakat hadir langsung menyaksikan Detik-Detik Pengibaran Bendera Pusaka.

Masyarakat umum hanya diajak untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual. Ada 17.845 kuota yang disediakan untuk menghadiri upacara HUT ke-75 RI di Istana secara daring.

Selain itu, pejabat yang hadir langsung di Istana pun dibatasi. Hanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Inspektur Upacara dan Wapres Ma'ruf Amin serta pejabat lainnya menjadi petugas upacara yang dapat hadir di Istana Merdeka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.