Sukses

Megawati, SBY hingga JK Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Secara Virtual

SBY yang didampingi cucu-cucunya mengikuti keseluruhan rangkaian upacara secara khidmat.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020) diikuti oleh para pejabat dan mantan pejabat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada HUT RI tahun ini mereka hadir secara virtual dikarenakan pandemi virus corona (Covid-19).

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, tampak Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Istana secara virtual.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mengikuti upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka secara virtual. SBY yang didampingi cucu-cucunya mengikuti keseluruhan rangkaian upacara secara khidmat.

Meski begitu, sosok SBY sempat tak terlihat dalam tayangan di Youtube. Hanya terlihat putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono yang mengikuti upacara secara virtual.

"Pagi hari ini pukul. 09.45, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengikuti secara virtual jalannya Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2020 yang berlangsung di Istana Merdeka bersama para staf, Rumga, Paspampres yang berdinas beserta atlit klub bola voli Lavani di Lavani Sports Center Cikeas," jelas Kepala Komunikasi Publik Partai Demokrat Ossy Dermawan kepada wartawan, Senin.

Kemudian, hadir pula secara virtual Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, serta Wakil Presiden ke-11 Boediono. Ada pula Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla yang megikuti prosesi upacara HUT RI ke-75 secara virtual bersam Ibu Mufidah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar Secara Sederhana

Seperti diketahui, upacara HUT ke-75 RI di Istana digelar secara sederhana, khidmat dan menerapkan protokol kesehatan. Para menteri dan pimpinan lembaga negara lainnya mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera pusaka secara virtual dari kantor masing-masing.

Hanya Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis saja yang hadir secara langsung di Istana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.