Sukses

3 Ajakan Jokowi Lakukan Hal Ini saat Upacara HUT ke-75 RI Berlangsung

Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-75 RI melalui siaran virtual di Youtube dan televisi.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia atau HUT ke-75 RI di Istana Negara, Jakarta tahun ini terasa berbeda.

Mengingat saat ini sedang masa pandemi Corona Covid-19, upacara HUT ke-75 RI di Istana Negara tetap digelar namun dengan sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-75 RI melalui siaran virtual di Youtube dan televisi.

"Anda dapat menyaksikan upacara pengibaran bendera dan beragam keramaian 17-an secara virtual di beranda Youtube dan melalui tayangan seluruh televisi nasional, besok di Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2020," kata Jokowi dalam postingan instagramnya, Minggu, 16 Agustus 2020.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan masyarakat untuk mengambil sikap sempurna dan memberikan penghormatan pada sang merah putih pada pukul 10.17 WIB.

Berikut 3 ajakan Presiden Jokowi saat upacara peringatan HUT ke-75 RI berlangsung dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melihat secara Virtual

Presiden Joko Widodo atau Jokowi ajak masyarakat untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-75 RI melalui siaran virtual di Youtube dan televisi.

Diketahui, di tengah pandemi Covid-19, Istana Kepresidenan tidak mengundang masyarakat untuk hadir dan melaksanakan upacara bersama di halaman Istana.

"Anda dapat menyaksikan upacara pengibaran bendera dan beragam keramaian 17-an secara virtual di beranda Youtube dan melalui tayangan seluruh televisi nasional, besok di Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2020," kata Jokowi dalam postingan instagramnya, Minggu, 16 Agustus 2020.

 

3 dari 4 halaman

Berdiri Tegap Sempurna

Jokowi juga mengingatkan masyarakat untuk mengambil sikap sempurna dan memberikan penghormatan pada sang merah putih pada pukul 10.17 WIB. Hal ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

"Tepat pukul 10.17 WIB mari serentak untuk mengambil sikap sempurna dan memberi penghormatan kepada sang saka merah putih," ucap Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dan perayaan detik-detik proklamasi.

Juru Bicara Presiden RI, M. Fadjroel Rachman, Senin, mengatakan Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo mengundang 267 juta rakyat Indonesia bersama-sama dengan jajaran pemerintahan Kabinet Indonesia Maju untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 10.00 WIB.

"Sebagian peserta hadir di Istana Merdeka, lainnya hadir melalui beragam media tanpa mengurangi kesakralan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia tersebut,” kata Fadjroel di Jakarta.

Dia mengatakan upacara peringatan ke-75 tahun detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka akan diikuti peserta upacara terbatas.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi COVID-19, namun upacara dan perayaan detik-detik proklamasi tetap akan berlangsung khidmat dan menampilkan keberagaman adat dan budaya Indonesia," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.