Sukses

Gagal SBMPTN 2020? Anda Bisa Ikut Seleksi Mandiri di 10 Kampus Negeri Ini

Terdapat 534.749 peserta atau 76,13 persen dari total pendaftar yang tidak lolos SBMPTN 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 167.653 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah dinyatakan lulus. Persentase kelulusan tahun ini mencapai 23,87 persen dari total pendaftar SBMPTN yang mencapai 702.402 peserta.

Sebagian besar peserta SBMPTN 2020 terpaksa menelan pil pahit karena gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Namun jangan khawatir, masih ada jalur mandiri yang dibuka oleh sejumlah PTN di Indonesia.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebut, tiap PTN memiliki kuota penerimaan jalur mandiri maksimal 30 persen dari total daya tampungnya.

"Daya tampung dari penerimaan mahasiswa baru kita pada tahun ini dari ketentuan kementerian adalah SNMPTN minimum 20 persen, SBMPTN minimum 40 persen, kemudian Mandiri atau seleksi lain maksimum 30 persen," kata Ketua LTMPT, Mohammad Nasih dalam konferensi pers daring, Jumat (14/8/2020).

Kesempatan untuk menjadi mahasiswa di PTN pun masih terbuka lebar melalui jalur seleksi mandiri.

Setidaknya, Liputan6.com berhasil merangkum 10 PTN yang membuka seleksi masuk lewat jalur mandiri, antara lain:

1 . SPMB Unsoed

Peserta SBMPTN yang belum lulus bisa mencoba mengikut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Jenderal Soedarman (Unsoed). Jadwal SPMB Unsoed dibuka mulai 23 Juli – 28 Agustus 2020. Batas akhir penutupan pada Jumat 28 Agustus pukul 12.00 WIB.

Lebih lengkapnya peserta bisa langsung mengakses laman http://spmb.unsoed.ac.id/jalur-spmb-mandiri-program-s1-d3-vokasi.

2. Ujian Mandiri Undip

Peserta yang tak lulus SBMPTN 2020 juga bisa mengikuti Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip). Pendaftaran UM Undip akan ditutup sehari lagi, yakni pada Minggu, 16 Agustus 2020.

Lebih lengkapnya peserta bisa langsung mengakses https://um.undip.ac.id/.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

ITB hingga USU

3. Seleksi Mandiri ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) juga masih membuka seleksi masuk jalur mandiri yang disebut Seleksi Mandiri (SM) ITB. SM ITB dibuka hingga 22 Agustus 2020. Masih ada waktu seminggu bagi peserta untuk melengkapi pendaftaran SM ITB.

Informasi lebih lengkap bisa mengakses https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/sarjana/seleksi-mandiri#seleksi-mandiri-jadwal-pendaftaran.

4. SM Unnes

Bagi peserta yang berminat masuk ke Universitas Negeri Semarang (Unnes), PTN ini juga masih membuka seleksi jalur mandiri. Seleksi Mandiri Unnes dibuka hingga 23 Agustus 2020.

Informasi lengkap bisa diakses https://penerimaan.unnes.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru-jalur-seleksi-mandiri-universitas-negeri-semarang-tahun-2020/.

5. SMM-PTB Barat

SMM PTN-BARAT 2020 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama dari sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan data portofolio serta ujian lainnya yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Seleksi ini dibuka hingga 22 Agustus 2020. Langkapnya peserta bisa kunjungi laman https://smmptnbarat.id/.

6. SMM USU

Universitas Sumatera Utara (USU) juga masih membuka seleksi jalur mandiri yang disebut Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM), dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Diploma (SPMPD). Pendaftaran SMM dan SPMPD USU dibuka hingga 26 Agustus 2020. Langkapnya peserta bisa mengakses https://seleksi.usu.ac.id/.

 

3 dari 3 halaman

Unad hingga UB

7. PMBM Unad

PTN di Sumatera yang masih membuka seleksi mandiri lainnya adalah Universitas Andalas (Unad). Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (PMBM) Unad akan dibuka hingga tanggal 18 Agustus mendatang. Bagi peserta yang tertarik daftar PMBM Unad bisa akses laman https://pmb.unand.ac.id/ untuk mengetahui informasi lebih rinci.

8. SPMB Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga membuka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru jalur prestasi. Pendaftaran dibuka sampai 19 Agustus 2020. Ada beberapa jenis bidang prestasi yang bisa mengikuti pendaftaran, mulai dari bidang keagamaan, tahfidz, olahraga, seni dan kepemimpinan.

Bahkan Unesa juga menyediakan jalur khusus bagi disabilitas. Informasi lengkap bisa dilihat di https://pmbsipenmaru.unesa.ac.id/

9. PMBM UNM

Salah satu perguruan tinggi negeri di Pulau Sulawesi yang masih membuka seleksi mahasiswa jalur mandiri adalah Universitas Negeri Makassar atau UNM. Seleksi mandiri UNM yang disebut Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (PMBM) UNM masih dibuka hingga 25 Agustus 2020.

Untuk informasi lengkap PMBM UNM bisa mengakses http://pmbm.unm.ac.id/.

10. Selma UB

Universitas Brawijaya (UB) juga masih membuka seleksi mandiri. Pendaftaran dibuka sampai 23 Agustus 2020. Seleksi Mandiri (Selma) UB terdiri dari dua jalur, yakni jalur UTBK dan jalur rapor. Informasi selangkupnya mengenai kedua jalur tersebut bisa akses https://selma.ub.ac.id/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.