Sukses

CFD di Jakarta Selatan Minggu Besok Ditiadakan

Peniadaan CFD menyusul masih tingginya penularan Covid-19 di Jakarta. Warga diimbau olahraga di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jakarta Selatan pada Minggu 16 Agustus 2020 besok ditiadakan. Keputusan itu menyusul perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan Budi Setiawan mengatakan, keputusan itu sekaligus menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meniadakan setiap aktivitas sosial yang menyebabkan kerumunan.

"Jadi CFD Ahad tanggal 16 Agustus 2020 ditiadakan sementara," kata Budi dikutip dari Antara, Sabtu (15/8/2020).

Menurut Budi, hasil evaluasi PSBB transisi di tingkat provinsi masih banyak ditemukan pelanggaran di kawasan khusus pesepeda, termasuk ketika CFD.

Pelanggaran tersebut seperti, membawa balita, masih ada lansia ikut CFD, hingga warga yang berkerumun saat berolahraga.

"Ini yang kita antisipasi, apalagi saat ini tingkat penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta masih tinggi," ujarnya.

Budi mengatakan belum diketahui pasti sampai kapan CFD di wilayah Kota Jakarta Selatan ditiadakan sementara. 

"Kita belum tahu sampai kapan, perintah awal baru untuk 16 Agustus, selanjutnya tergantung hasil evaluasi pemprov," kata Budi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga di Rumah

Di wilayah Jakarta Selatan terdapat lima lokasi CFD, antara lain di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari di Kebayoran Baru dan Jalan Sultan Iskandar Muda di Kebayoran Lama.

Lalu, Jalan Tebet Barat Dalam Raya di Kecamatan Tebet, Jalan Kesehatan Raya di Kecamatan Pesanggrahan, serta Jalan Cipete Raya di Kecamatan Cilandak.

Gelaran CFD sempat ditiadakan selama kurang lebih lima bulan lamanya, lalu kembali dibuka tanggal 28 Juni 2020 disebar di 32 lokasi di wilayah kota administrasi DKI Jakarta.

Oleh karena itu, lanjutnya, warga diimbau untuk melakukan aktivitas olahraga di rumahnya masing-masing.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar dapat berolahraga di sekitar rumahnya masing-masing atau tempat-tempat olahraga yang diperkenankan," imbau Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.