Misbakhun: Isi Pidato Jokowi Nasihat untuk Lompatan Besar

Oleh Yusron Fahmi pada 14 Agu 2020, 13:22 WIB
Diperbarui 14 Agu 2020, 13:30 WIB
Mukhamad Misbakhun
Perbesar
Politikus Partai Golkar Mukhamad Misbakhun saat bertemu masyarakat 'Tapal Kuda Jawa Timur. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Mukhamad Misbakhun memuji isi pidato kenegaraan Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan MPR 2020 dalam rangka HUT Kemerdekaan RI. Menurutnya, pidato Jokowi sangat inspiratif karena berisi ajakan untuk bangkit pada masa sulit akibat pandemi Covid-19.

"Pidato kenegaraan Presiden Jokowi memberikan inspirasi kepada seluruh bangsa untuk memanfaatkan masa pandemi Covid-19 sebagai momentum kebangkitan, memanfaatkan krisis pandemi untuk melakukan lompatan besar,” ujar Misbakhun, Jumat (14/8/2020).

Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan II Jawa Timur yang meliputi Pasuruan dan Probolinggo itu menuturkan, Jokowi dalam pidatonya telah menebarkan spirit dalam menghadapi pandemi global itu. Misbakhun menyebut Jokowi mengajak bangsa Indonesia tak meratap saat menghadapi Covid-19.

"Beliau memberikan inspirasi kepada kita semua, kepada seluruh bangsa Indonesia, bahwa krisis pandemi itu bukan sesuatu yang harus diratapi, tetapi sesutau yang jadi pembelajaran bagi seluruh komponen bangsa, menjadikannya sebagai nasihat dan momentum besar untuk melakukan lompatan besar bagi kemajuan bangsa," tegas Misbakhun.

Anggota Komisi XI DPR menambahkan, semua negara di dunia sedang menghadapi masalah yang sama gara-gara pandemi Covid-19. Namun, katanya, Presiden Jokowi sebagai kepala negara justru mendorong munculnya kreativitas, pemikiran ke depan, serta momentum untuk melakukan lompatan besar.

“Presiden Jokowi menyodorkan narasi besar dan itu harus ditangkap oleh para pembantunya di kabinet. Para menteri dan kepala daerah harus bisa menerjemahkan narasi besar itu demi kebangkitan Indonesia,” ucap Misbakhun.

 

**Cek hasil pengumuman SBMPTN 2020 di tautan ini

2 dari 2 halaman

Sinergi

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu juga menyinggung pujian J okowi soal gerak cepat DPR dalam membahas Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Negara untuk Penanganan Pandemi Covid-19. Dia menyebut gerak cepat Presiden Jokowi menerbitkan Perppu yang direspons cekatan DPR merupakan bukti bahwa politik harus bisa menjadi solusi atas permasalahan yang ada.

"Ini adalah apresiasi luar biasa Presiden kepada DPR. Bagaimanapun DPR memahami krisis ini membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat, dan proses itu dilakukan tanpa mempermasalahkan hal-hal lain. Politik memberikan solusi dan jalan keluar atas permasalahan yang dibutuhkan pemerintah, sehingga di sebuah sinergi dengan DPR itu menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓