Jokowi: Food Estate Sedang Dibangun untuk Perkuat Cadangan Pangan Nasional

Oleh Lizsa Egeham pada 14 Agu 2020, 11:34 WIB
Diperbarui 14 Agu 2020, 11:37 WIB
Kenakan Baju Adat Sabu NTT, Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR
Perbesar
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Puan Maharani tiba menghadiri sidang tahunan MPR RI di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (14/8/2020). Jokowi tampil mengenakan baju adat daerah Sabu dari NTT. (Pool/BiroPemberitaanParlemen)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) membuat pemerintah melakukan reformasi di berbagai sektor. Di sektor ketahanan pangan, pemerintah tengah membangun food estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara.

"Food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri," ujar Jokowi saat pidato di Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).

Menurut dia, food estate tersebut dibangun dengan menggunakan teknologi modern dan pemanfaatan kecanggihan digital. Pemerintah juga berencana membangun beberapa food estate di daerah-daerah lain.

"Bukan hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar internasional," ucapnya.

Jokowi menjelaskan food estate dibangun untuk menjamin kelancaran rantai pasokan makanan ke seluruh wilayah negeri. Dia memastikan efisiensi produksi pangan, peningkata nilai tambah bagi petani, penguatan koperasi, dan metode korporasi petani akan terus ditingkatkan.

"Program ini merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta, dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja," jelas Jokowi.

2 dari 3 halaman

Prabowo Pimpin Proyek Foot Estate

Adapun Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ditunjuk Jokowi memimpin proyek food estate di Kalimantan Tengah. Food estate yang dibangun tahun ini memiliki luas lahan 30.000 hektare. Luas ini akan ditambah lagi 148.000 hektare hingga dua tahun ke depan.

 

**Cek hasil pengumuman SBMPTN 2020 di tautan ini

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓