Sukses

Jokowi: Food Estate Sedang Dibangun untuk Perkuat Cadangan Pangan Nasional

Jokowi mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) membuat pemerintah melakukan reformasi di berbagai sektor.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) membuat pemerintah melakukan reformasi di berbagai sektor. Di sektor ketahanan pangan, pemerintah tengah membangun food estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara.

"Food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri," ujar Jokowi saat pidato di Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).

Menurut dia, food estate tersebut dibangun dengan menggunakan teknologi modern dan pemanfaatan kecanggihan digital. Pemerintah juga berencana membangun beberapa food estate di daerah-daerah lain.

"Bukan hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar internasional," ucapnya.

Jokowi menjelaskan food estate dibangun untuk menjamin kelancaran rantai pasokan makanan ke seluruh wilayah negeri. Dia memastikan efisiensi produksi pangan, peningkata nilai tambah bagi petani, penguatan koperasi, dan metode korporasi petani akan terus ditingkatkan.

"Program ini merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta, dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Pimpin Proyek Foot Estate

Adapun Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ditunjuk Jokowi memimpin proyek food estate di Kalimantan Tengah. Food estate yang dibangun tahun ini memiliki luas lahan 30.000 hektare. Luas ini akan ditambah lagi 148.000 hektare hingga dua tahun ke depan.

 

**Cek hasil pengumuman SBMPTN 2020 di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.