Sukses

Jokowi: Jangan Ada yang Merasa Paling Pancasilais Sendiri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan tujuan besar untuk keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19 hanya bisa dicapai melalui kerja sama seluruh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan tujuan besar untuk keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19 hanya bisa dicapai melalui kerja sama seluruh masyarakat. Jokowi berharap masyarakat dapat saling membantu, mengingatkan, dan gotong royong untuk mencapai tujuan itu.

Menurut dia, demokrasi memang menjamin kebebasan masyarakat. Kendati begitu, dia mengingatkan agar masyarakat tetap menghargai hak orang lain.

"Jangan ada yang merasa paling benar sendiri, dan yang lain dipersalahkan. Jangan ada yang merasa paling agamis sendiri. Jangan ada yang merasa paling Pancasilais sendiri," kata Jokowi saat pidato di sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).

"Semua yang merasa paling benar dan memaksakan kehendak, itu hal yang biasanya tidak benar," sambungnya.

Jokowi menyebut bahwa Indonesia beruntung masyarakat dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, menjunjung tinggi kebersamaan dan persatuan, penuh toleransi dan saling peduli. Hal ini membuat penanganan krisis semakin mudah dilakukan.

"Sehingga masa-masa sulit sekarang ini bisa kita tangani secara baik," ucapnya.

 

 

**Cek hasil pengumuman SBMPTN 2020 di tautan ini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Luar Biasa

Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja cepat dari Pimpinan dan Anggota lembaga- lembaga negara melakukan langkah-langkah extra-ordinary dalam mendukung penanganan krisis akibat pandemi Covid-19.

Dia ingin Indonesia dapat membajak momentum krisis untuk menjalankan strategi-strategi besar bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.