6.300 Personel Gabungan Amankan Jalannya Sidang Tahunan MPR 2020

Oleh Ady Anugrahadi pada 14 Agu 2020, 09:08 WIB
Diperbarui 14 Agu 2020, 10:29 WIB
DPR Bersolek Jelang Sidang Tahunan dan Perayaan Kemerdekaan
Perbesar
Petugas membersihkan area depan Gedung MPR/DPR/DPD yang meliputi Kolam, Halaman, Lobi gedung Nusantara Jakarta, Rabu (29/7/2020). Menjelang bulan Agustus yang juga Perayaan Kemerdekaan RI, Parlemen bersolek menyambut sidang Tahunan yang diselenggarakan 14 Agustus 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) tahun 2020 digelar hari ini Jumat (14/8/2020) di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta.

Agenda Sidang Tahunan MPR RI digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menyampaikan RAPBN 2021.

Sekitar 6.300 personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dikerahkan dalam rangka mengamankan Sidang Tahunan MPR tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, semua diterjunkan untuk mengawal jalannya sidang tahunan, agar berjalan baik.

"Ada 6.300 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jajaran, TNI dan unsur keamanan Pemda yang siap mengawal jalannya sidang tahunan," kata Yusri dalam keterangan tertulis, Jumat (14/8/2020).

 

2 dari 3 halaman

Pengalihan Arus

Sementara, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah membuat skenario lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di ruas jalan sekitaran Gedung DPR/MPR RI.

"Rekayasa arus lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR sifatnya situasional," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis, Jumat (14/8/2020)

Sambodo menerangkan, pihaknya melakukan pengalihan arus lalu lintas pengendara jika terjadi kepadatan. Hal ini dilakukan sampai situasi jalan kembali lancar.

Adapun rekayasa lalu lintas di sekitaran Gedung DPR/MPR RI adalah sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Gedung DPR/MPR RI di belokkan ke kiri ke Jalan Gerbang Pemuda.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gatot Subroto diputar balik di bawah Jalan Layang Farmasi ke dari Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di off-ramp Pulo Dua akan diluruskan ke arah Tol Tomang.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika arah Jalan Gelora dibelokkan ke kanan ke Jalan Gerbang Pemuda.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gelora dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓