Sukses

Bupati Bogor Resmikan Jembatan Penghubung Ciseeng - Rumpin

Jembatan yang membentang di atas Sungai Cisadane itu memiliki panjang 80 meter dan lebar 7 meter, dibangun menggunakan anggaran daerah senilai Rp 17 miliar,

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan Jembatan Gerendong, penghubung Kecamatan Ciseeng dan Rumpin Kabupaten Bogor Jawa Barat, Kamis 13 Agustus 2020.

"Jembatan lama panjangnya 60 meter dan lebar 5 meter. Karena sudah ada jembatan baru, jadi pengendara tidak perlu lagi berbagi jalan. Karena sekarang sudah ada dua jembatannya,” ujarnya usai peresmian.

Jembatan yang membentang di atas Sungai Cisadane itu memiliki panjang 80 meter dan lebar 7 meter, dibangun menggunakan anggaran daerah senilai Rp 17 miliar, dengan waktu pengerjaan selama 102 hari.

Pekerjaan yang semestinya selesai pada Desember 2019 itu, terpaksa tertunda lantaran menjelang akhir 2019 sebagian jembatan yang sedang dikerjakan tergerus banjir bandang Sungai Cisadane.

“Memang sempat tertunda karena kajian bencana alam. Sekarang sudah diresmikan dan bisa dilalui kembali seperti biasa. Kami bersyukur bisa menyelesaikannya di tengah pandemi seperti saat ini,” kata Ade Yasin yang dikutip dari Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aman Dilalui

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, Soebiantoro yang juga hadir dalam peresmian menyebutkan bahwa Jembatan Gerendong sudah dalam kondisi aman dan siap dilalui.

“Peresmiannya harusnya dari beberapa bulan lalu. Tapi, harus melewati uji beban dulu selama tiga bulan, dan sudah dinyatakan layak,” kata pria yang akrab disapa Bibin itu.

Dalam pembangunan jembatan ini, kata dia, memakan dua bidang tahan milik warga yang dibebaskan pemerintah dengan total luas 1.294 meter persegi serta lima unit bangunan di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.