Sukses

LIPI: PDIP Partai Paling Siap di Pilkada 2020

Aisah menuturkan, kesiapan bukan saja karena PDIP mengumumkan hasil dukungannya, tapi sudah dari beberapa bulan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah dalam tiga gelombang untuk Pilkada 2020. Totalnya ada 169 rekomendasi.

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti memandang apa yang dilakukan PDIP, mengindikasikan partai ini siap. Selain itu, kerja partainya sangat rapi untuk menghadapi Pilkada 2020.

"Hal ini menunjukan kesiapan dan kerja partai terlihat lebih rapih dalam menjalankan proses rekrutmen dan seleksi secara internal," kata Putri saat dikonfirmasi, Kamis (13/7/2020).

Dia menuturkan, kesiapan tersebut bukan saja saat partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mengumumkan hasil dukungannya, tapi sudah dari beberapa bulan sebelumnya.

"Kelihatan dari beberapa bulan sebelumnya yang memperlihatkan kalau PDIP membuka pendaftaran bagi calon, pengurus partai di tingkat daerah menjalankan mekanisme seleksi internal, dan lainnya," tutur Putri.

PDIP, lanjut dia, menunjukan kepercayaan tinggi sebagai partai pemenang pada Pilkada 2020 ini. Dan tentunya menunjukan keinginan menang yang sangat tinggi.

"PDIP dapat dikatakan mengawal calon pilihannya sendiri dan tidak sekedar ikut-ikut mendorong calon partai lain yang sudah terbentuk. Dalam konteks ini, meskipun tentu saja banyak calon PDIP diusung bersama dengan partai lain, tetapi PDIP menjadi partai pengusung utama calon atau setidaknya yang paling awal mengusung calon," ungkap Putri.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Jadi Juara Umum

Selain itu, apa yang dilakukan partai berlambang banteng bermoncong putih itu, menunjukan cara kerja PDIP dalam Pilkada 2020.

"Hal ini menunjukan PDIP sebagai partai yang berstrategi dalam Pilkada," jelas Putri.

Menurut dia, dengan mengumumkan lebih awal, PDIP punya waktu yang lebih banyak untuk memetakan strategi pemenangan, pemetaan konstituen, menentukan metode kampanye, dan hal lainnya dengan tepat.

"Jika waktu ini dimanfaatkan untuk mematangkan strategi partai memenangkan para calon, maka PDIP berpeluang menjadi juara umum dalam pilkada besok," pungkas Putri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.