Sukses

Fadli Zon-Fahri Hamzah Dapat Bintang Tanda Jasa, Jokowi: Beda Politik Bukan Berarti Bermusuhan

Jokowi mengatakan, dia tetap berteman baik dengan Fadli Zon dan Fahri Hamzah meski berlawanan dalam politik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, pemberian tanda jasa dan kehormatan sudah melalui pertinbangan yang matang. Jokowi lantas menjawab pertanyaan publik terkait mantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah yang mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Nararya.

Pasalnya, dua politikus itu dikenal kerap melontarkan kritikan kepada Jokowi. Dia menekankan bahwa meski berbeda pandangan dalam politik dengan Fadli dan Fahri, bukan berarti bermusuhan.

"Misalnya ada pertanyaan mengenai Pak Fahri Hamzah kemudian Pak Fadli Zon ya berlawanan dalam politik kemudian berbeda dalam politik ini bukan berarti kita ini bermusuhan dalam berbangsa dan bernegara," jelas Jokowi di Istana Negara Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Menurut dia, hal tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi. Jokowi mengatakan, dia tetap berteman baik dengan Fadli Zon dan Fahri Hamzah meski berlawanan dalam politik.

"Ini lah yang namanya negara demokrasi. Jadi saya berkawan baik dengan Pak Fahri Hamzah, berteman baik dengan Pak Fadli Zon. Ini lah Indonesia," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Beri Tanda Kehormatan ke Sejumlah Tokoh

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh yang dinilai berjasa bagi Indonesia. Pemberian tanda kehormatan tersebut digelar di Istana Negara Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Adapun tanda kehormatan ini diberikan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-75 RI. Acara tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19

Pemberian tanda kehormatan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. Dua tokoh di antaranya yang mendapat tanda kehormatan yakni, Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Berikut beberapa nama penerima tanda kehormatan yang disebutkan:

1. Achwilutan (Komjen Purn) Kalakhar BKNN tahun 1999-2001, mewakili satu orang lainnya dianugerahi tanda jasa medali kepeloporan.

2. H. Oesman Sapta Oedang Ketua DPD 2017-2010 dianugerahi Tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama

3. M. Hatta Ali (Ketua MA 2012-2020) dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama

4. Mahyudin (Wakik Ketua MPR RI 2014-2019), mewakili 6 orang lainnya dianuegari Bintang Mahaputra Nararya

5. Amzulian Rifai (Ketua Ombudsman RI 2016-2021) mewakili 8 oranf lainnya. Dianugerahi tanda kehormatan Bintang Tanda Utama.

6. Jimmly Asshiddiqie (Ketua DKPP tahun 2012-2017), dianugerahi tanda kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama

7 Almarhum Bartolomeus Bayu Satrio, mewakili 9 orang lainnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama

8. Almarhumag Mulatsi Widji Astuti, Letkol Laut (Purn), mewakili 21 orang lainnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
    Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

    Fadli Zon

  • Fahri Hamzah