Sukses

Jokowi Minta Anggota Pramuka Buat 2 Gerakan Hadapi Pandemi Covid-19

Jokowi menyebut selama ini Pramuka Indonesia selalu mencetak pemuda-pemudi yang tangguh menghadapi setiap tantangan dan rintangan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengajak anggota Pramuka turut terlibat dalam penanganan virus corona (Covid-19). Jokowi meminta mereka membuat gerakan nasional untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Pertama gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan," ujar Jokowi dalam Upacara Peringatan HUT ke-59 Pramuka yang disiarkan secara virtual dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (12/8/2020).

Kedua, gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, peduli dan berbagi. Jokowi menekankan dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

"Dua gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka," jelasnya.

Jokowi menyebut selama ini Pramuka Indonesia selalu mencetak pemuda-pemudi yang tangguh menghadapi setiap tantangan dan rintangan, disiplin dalam bertindak, selalu peduli, serta siap berkorban untuk sesama.

"Di era pandemi Covid-19 yang mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi ini jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Protokoler Kesehatan

Selain itu, Jokowi mengingatkan para anggota Pramuka juga harus disiplin mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari, memakai masker, menjaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya.

"Kita harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama kita harus saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama," ucapnya.

"Jika gerakan kedisiplinan dan kepedulian ini terus kita jalankan, Insya Allah kita bisa menghambat penyebaran covid dan menguranig risiko-risiko ikutannya," sambung Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.