Sukses

Koalisi PDIP di Pilkada 2020, Terbanyak dengan Golkar, Paling Sedikit PKS

Terbanyak, PDIP berkoalisi di Pilkada 2020 dengan Partai Golkar

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menuturkan, partainya paling banyak berkoalisi di Pilkada Serentak 2020 dengan Partai Golkar. Hal itu berdasarkan rekomendasi yang telah dikeluarkan hingga hari ini.

Sementara, paling sedikit bekerja sama dengan PKS di Pilkada 2020.

"Sementara ini yang terbanyak kerja sama adalah dengan partai Golkar, yang paling sedikit itu adalah dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)," ujar Hasto dalam pengumuman rekomendasi calon kepala daerah secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Untuk konfigurasi politik PDIP yang lengkap, akan diumumkan pada tahap keempat mendatang. Tahap puncak itu PDI Perjuangan  akan mengumumkan bakal calon gubernur hingga pasangan calon wali kota Surabaya.

Hasto mengatakan, PDIP bekerjasama dengan seluruh partai politik pendukung Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. Termasuk dengan Partai Gerindra yang belakangan masuk dalam barisan koalisi pemerintah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koalisi Usung Menantu Jokowi

Salah satu kerjasama dengan Gerindra adalah kombinasi menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution dengan kader Gerindra Aulia Rahman di Pilkada Medan.

Hasto membantah kerjasama dengan Gerindra ada hubungan dengan kontestasi Pilpres 2024. Dia hanya bilang bahwa Pilkada 2020 ini menjadi modal untuk menghadapi Pemilu 2024.

Hasto menyebut, momentum Pilkada sebagai konsolidasi kader untuk menyamakan gerak menuju 2024.

"Fokus utama konsentrasi dari PDI Perjuangan adalah bagaimana menjadikan kepercayaan rakyat kepada partai, sehingga PDI Perjuangan dapat memenangkan pemilu dua kali berturut-turut dijadikan sebagai modal dasar untuk mempersiapkan pilkada ini dengan sebaik-baiknya," kata Hasto.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.