Sukses

Jokowi Sebut Intensif Karyawan Gaji di Bawah Rp 5 Juta Cair Dua Pekan Ke Depan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan, subsidi untuk pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta cair dalam satu hingga dua minggu ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan, dana untuk pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta, cair dalam satu hingga dua minggu ke depan.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pengarahan dari Posko Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Selasa (11/9/2020).

"Insya Allah dalam seminggu dua minggu ini ini sudah akan keluar," kata Jokowi.

Menurut dia, bantuan ini diberikan hanya kepada pekerja yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Dan berbeda dengan bantuan yang sudah ada.

"Ini di luar 10 juta yang kartu Prakerja. Beda lagi, kartu Prakerja itu untuk yang terkena PHK. Kalau yang ini tadi untuk yang masih bekerja juga akan diberikan bantuan tapi yang ikut dalam BPJS ketenagakerjaan," jelas Jokowi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Beli Naik

Dia berharap, bantuan yang telah diberikan, adalah untuk mendorong daya beli masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah. Selain itu, dia berharap bantuan tersebut menggenjot perekonomian Indonesia yang terkontraksi pada kuartal II 2020.

Adapun bantuan yang sudah disalurkan, diantaranya bansos tunai, BLT desa, subsidi dan penggratisan listrik untuk golongan tertentu, hingga stimulus ekonomi untuk usaha kecil yang diberikan lewat perbankan.Kemudian, pemerintah juga menyiapkan bansos produktif untuk pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM).

Nantinya, Bansos ini akan diberikan ke 13 juta UMKM. Di mana masing-masing, akan mendapat bantuan Rp 2,4 juta.

"Kita harapkan pertumbuhan ekonomi secara nasional ini akan tumbuh lebih baik dari kuartal yang kemarin," Jokowi memungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.