Top 3 News: Rencana Insentif bagi Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Oleh Lizsa EgehamNafiysul QodarDevira Prastiwi pada 11 Agu 2020, 07:07 WIB
Diperbarui 11 Agu 2020, 07:07 WIB
Lowongan Pekerjaan
Perbesar
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, kecelakaan maut terjadi pada Senin dini hari, 10 Agustus 2020 di KM 184 Tol Cipali dan menewaskan delapan orang.

Kecelakaan di Tol Cipali tersebut melibatkan dua kendaraan yakni microbus Isuzu Elf bernopol D-7013-AN dan minibus Toyota Rush bernopol B-2918-PKL.

Menurut Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi kecelakaan terjadi sekitar pukul 03.30 WIB tepatnya di Tol Cipali KM 184.300 yang terletak di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sebanyak delapan orang yang tewas dalam kecelakaan maut tersebut merupakan penumpang microbus Elf.

Berita terpopuler lainnya adalah wacana pemerintah yang dikabarkan bakal memberikan insentif bagi pekerja dengan upah Rp 5 juta per bulan atau dibawahnya, berupa cash transfer sebesar Rp 2,4 juta per orang.

Pemberian insentif tersebut saat ini masih dalam tahap finalisasi terkait mekanisme pembayaran antara langsung diberikan dalam satu waktu atau bertahap.

Meski begitu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengaku siap menjalankan program subsidi gaji untuk 13,8 juta pekerja terdampak Covid-19 dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta.

Sementara itu, berita terpopuler lainnya adalah pemberian bintang tanda jasa untuk Wakil Ketua umum Partai Gelora Fahri Hamzah dan Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md yang pertama kali memberitahukan hal tersebut melalui akun Twitter centang biru miliknya @mohmahfudmd, menitipkan pesan.

Pesan Mahfud Md itu diberikan untuk keduanya, Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 10 Agustus 2020:

2 dari 5 halaman

1. Kapolda Jabar: Semua Korban Tewas Kecelakaan Tol Cipali Penumpang Mobil Elf

Kecelakaan maut di KM 184 Tol Cipali
Perbesar
Kecelakaan maut di KM 184 Tol Cipali, Senin 10 Agustus 2020 (Dok Kepolisian)

Kecelakaan maut di KM 184 Tol Cipali pada Senin, 10 Agustus 2020 dini hari tadi menewaskan delapan orang. Kecelakaan tersebut melibatkan dua kendaraan yakni microbus Isuzu Elf bernopol D-7013-AN dan minibus Toyota Rush bernopol B-2918-PKL.

"Korban yang meninggal dunia ada delapan orang," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi.

Rudy mengatakan kecelakaan terjadi sekitar pukul 03.30 WIB dini hari tadi tepatnya di Tol Cipali KM 184.300 yang terletak di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Dia mengatakan, kendaraan microbus Elf membawa 16 penumpang termasuk sopir dan kernet, sedangkan Toyota Rush berpenumpang delapan orang termasuk sopir.

 

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Deretan Fakta soal Insentif Karyawan Swasta dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta

work from home atau kerja dari rumah
Perbesar
Ilustrasi work from home/Shutterstock.

Pemerintah dikabarkan akan memberikan insentif bagi pekerja dengan upah Rp 5 juta per bulan berupa cash transfer sebesar Rp 2,4 juta per orang.

Kabar ini disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu.

"Pemberian insentif atau cash transfer ke pekerja yang penghasilannya Rp5 juta per bulan. Besarannya itu akan bergerak sekitar Rp2,4 juta per orang," ujar Febrio, dikutip dari Antara, Kamis, 6 Agustus 2020.

Meski begitu, pemberian insentif tersebut saat ini masih dalam tahap finalisasi terkait mekanisme pembayaran antara langsung diberikan dalam satu waktu atau bertahap.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Pesan Mahfud Md untuk Fahri dan Fadli Zon yang Mendapat Bintang Mahaputra

Fahri Hamzah dan Fadli Zon Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang
Perbesar
Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah memberikan keterangan kepada awak media saat tiba untuk menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Klas I Cipinang, Jakarta, Rabu (6/2). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Presiden Jokowi akan memberikan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh yang dinilai telah berjasa untuk Indonesia. Dua tokoh diantaranya yakni, Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengatakan bintang tanda jasa ini diberikan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75. Fadli dan Fahri akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya.

"Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke 75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh salam berbagai bidang," kata Mahfud dikutip dari akun twitter resminya @mohmahfudmd, Senin, 10 Agustus 2020.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓