Sukses

Ma'ruf Amin Apresiasi MUI Tetap Solid di Umur ke-45

Ma'ruf Amin menilai, MUI telah berhasil membangun kesamaan pandangan dan meletakkan dasar yang kokoh.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengapresiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang tetap solid di hari ulang tahunnya ke-45. Ma'ruf berharap, MUI tetap berdiri tegak dan tidak ada perpecahan.

"MUI masih utuh dan saya kira sesuatu yang mahal, tidak semua perhimpunan yang terdiri dari berbagai ormas itu bisa bertahan begitu lama. Saya berharap tentu jangan sampai seperti perhimpunan yang ada sebelumnya tapi kemudian tidak berlanjut karena adanya perpecahan dan adanya selisih paham di antara para tokoh umat," ujar Wapres, Sabtu (8/8/2020).

Ma'ruf Amin menilai, MUI telah berhasil membangun kesamaan pandangan dan meletakkan dasar yang kokoh. Sehingga terbangun toleransi terhadap perbedaan pendapat.

"Karena itu kewajiban kita bisa menjaga karena MUI adalah terdiri dari kesepakatan banyak-banyak ormas Islam. Maka jangan sampai MUI mengalami nasib yang sama seperti perhimpunan atau persatuan umat pada masa yang lampau," kata Ma'ruf Amin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Ma'ruf Amin berharap, dalam menghadapi pandemi Covid-19, MUI ikut berpartisipsi sebagai himayatul umah, menjaga umah dari dua dharar atau bahaya. Baik penyakitnya maupun dampak ekonomi yang ditimbulkan.

"Apa yang dihadapi dhafud dhararaini menghilangkan dua dharar sekaligus. Dalam perspektif agama, dhafud dharar hukumnya minimal fardu kifayah apabila bahaya tidak begitu berat tapi kalau bila bahayanya begitu besar ini bukan lagi kifayah tapi fardu ain," tandas Ma'ruf Amin.

 

Reporter: Muhammad Genantan

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Merdeka.com