Sukses

Warga Bandung Terima Penyaluran BST Tahap 4 dari Kemensos

Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) berhak mendapatkan BST senilai Rp300 ribu.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) gelombang kedua tahap 4 di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, (5/8). Penyaluran BST yang dihadiri oleh Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara ini sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap dampak pandemi covid-19 yang dialami masyarakat.

Program BST merupakan bentuk kelanjutan komitmen Presiden Joko Widodo dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat tidak mampu pada masa pandemi. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) berhak mendapatkan BST senilai Rp300 ribu.

Rencananya, BST akan dibagikan kepada 9 juta KPM di seluruh Indonesia dalam kurun waktu enam bulan (Juli-Desember 2020). "Program BST ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat yang terkena dampak covid-19, meningkatkan daya beli masyarakat, dan mendorong ekonomi masyarakat," kata Mensos Juliari di lokasi penyaluran BST, Kantor Pos, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Jawa Barat.

Meski penyaluran BST masih terdapat sejumlah kendala, Kemensos bertekad akan terus melakukan perbaikan dengan berkoordinasi bersama berbagai pihak terkait. Salah satunya, dalam penyaluran BST akan diberikan secara langsung kepada KPM yang memiliki keterbatasan akses.

"Cara ini untuk meminimalkan kerumunan dalam proses penyaluran," ucap Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) Asep Sasa Purnama. Untuk informasi, pada 2020 Kemensos menganggarkan dana Rp32,5 triliun untuk program BST di seluruh Indonesia. Khusus di Kota Bandung dialokasikan Rp212.943.600.000.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.