Sukses

Jalankan Instruksi Presiden, Ketum TP-PKK Pusat Terjun Hadiri Gerakan Sejuta Masker di Indramayu

Dengan diluncurkannya gerakan pembagaian sejuta masker dengan melibatkan PKK ini Tri berharap, sosialisasi penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka peluncuran Gerakan Sejuta Masker, Ketua Umum Tim Penggerak PKK pusat, Tri Tito Karnavian terjun langsung ke lapangan guna menegaskan terkait protokol kesehatan. Kunjungan ke Indramayu itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo itu dilakukan di Gedung Patra Ayu Pertamina Indramayu, Rabu (5/8).

"Sebetulnya rencananya bahwa saya mungkin tidak berdiri di sini kalau tidak Bapak Presiden memberi perintah bahwa PKK harus ikut membagikan masker ke seluruh Indonesia, sehingga bertepatan dengan hari ini adanya peluncuran sejuta masker dalam rangka ikut menghentikan penyebaran Covid-19," kata Tri.

Meski gerakan tersebut telah dilakukan sejak April 2020, dengan adanya instruksi Presiden untuk melibatkan PKK dalam penerapan protokol kesehatan dan pembagian masker, maka gerakan tersebut kian gencar dilakukan. Terlebih, kegiatan ini juga bagian dari program PKK yang terkait dengan kesehatan.

"Setelah kemarin perintah dari Bapak Presiden bahwa Tim Penggerak PKK harus ikut untuk menyosialisasikan masker seluruh Indonesia, akhirnya kita juga harus ikut serta dalam pembagian masker, namun tidak hanya pembagian masker tapi sosialisasi bagaimana memakai masker yang benar dan apa gunanya untuk pemakai masker tersebut, juga hal lain protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan," ujarnya.

Dengan diluncurkannya gerakan pembagaian sejuta masker dengan melibatkan PKK ini Tri berharap, sosialisasi penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

"Hari ini adalah hari pertama kita meluncurkan gerakan ini, gerakan membagikan masker kepada masyarakat, mudah-mudahan gerakan ibu-ibu kader PKK ini yang memang pekerjaan yang sampai ke rumah-rumah langsung, yang sudah terbiasa dengan program PKK," jelas Tri.

Tri berharap dengan 10 program PKK, pokja-pokja yang sudah dilaksanakan dapat benar-benar membantu pembagian masker ke masyarakat yang membutuhkan. "Namun tidak hanya memberikan kami tekankan tapi juga mensosialisasikan kegunaan serta cara-cara penggunaan masker yang benar," pesannya.

Tak kalah penting, Tri juga menekankan kader PKK yang terlibat dalam gerakan ini untuk berhati-hati dalam mensosialisasikan protokol kesehatan dan penggunaan masker. Utamanya, dengan cara mengedukasi masyarakat dengan juga tetap menerapkan protokol kesehatan itu sendiri.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.