Sukses

PAN Minta Anies Pasang Wifi Gratis di Pos RW atau RPTRA untuk Anak Belajar

Anies diminta bekerja sama dengan provider internet untuk menyediakan wifi gratis bagi para pelajar dari kalangan keluarga kurang mampu.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah ditiadakan. Para peserta didik harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah atau belajar secara online atau dalam jaringan (daring).

Namun kondisi itu menjadi masalah baru, sebab tak semua orangtua mampu menyediakan paket internet untuk anaknya belajar di rumah. Terlebih, kondisi perekonomian saat ini tengah terpuruk imbas pandemi Covid-19.

Karena itu, anggota DPRD DKI dari Fraksi PAN Lukmanul Hakim mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyediakan layanan internet gratis, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di permukiman kumuh padat penduduk.

“Ini menjadi persoalan baru, karena sekarang masyarakat itu susah ekonominya. Tetapi, ada tuntutan daring sekolah anaknya dan harus beli paket setiap hari," ucapnya, Senin (3/7/2020).

Menurutnya, kenyataan ini sangat miris lantaran masih banyak permukiman kumuh di kota sebesar Jakarta. Terlebih, warga yang tinggal di dalamnya kesulitan akses internet untuk anaknya sekolah di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi, orang itu enggak mikir lagi sakitnya, tapi mikir bagaimana mendapatkan rezeki untuk kebutuhan sehari-hari yang menjadi problem," ujarnya.

Ia meminta Anies menggandeng penyedia jasa atau provider internet untuk menyediakan wifi gratis bagi para pelajar dari kalangan keluarga kurang mampu. Wifi gratis itu nantinya bisa disediakan bagi warga di pos RW setempat ataupun di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA).

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, wifi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjuangkan Wifi Gratis

Anggota DPRD DKI Jakarta ini mengatakan, hari ini seharusnya ada rapat kerja Komisi A bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) DKI Jakarta. Namun rapat batal lantaran Kantor DPRD DKI ditutup sementara sejak ada pegawai positif Covid-19.

"Saya punya rencana untuk mengungkapkan soal wifi gratis ini di rapat, tapi batal karena ada penutupan kantor," kata Bung Hakim, sapaan akrabnya.

"Saya di Komisi A akan fokus untuk memperjuangkan bagaimana wifi di masyarakat bisa gratis," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini