Sukses

Kemenristek Imbau Masyarakat Lebih Hati-Hati Soal Obat Herbal Covid-19

Masyarakat diimbau tidak mudah percaya dengan obat herbal virus corona Covid-19 yang tidak dikeluarkan resmi oleh pemerintah atau pihak yang kredibel.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati terhadap obat herbal yang diklaim mampu menyembuhkan virus corona Covid-19.

Hal itu menyusul klaim sosok Hadi Pranoto yang mampu membuat obat herbal Covid-19. Klaim tersebut kini tengah menjadi sorotan dan polemik. 

"Masyarakat kami imbau agar berhati-hati terkait produk herbal yang belum terbukti kebenarannya untuk dicek ke sumber resmi terpercaya seperti Kemenkes atau BPOM," kata Staf Ahli Menristek Bidang Infrastruktur sekaligus Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19, Ali Ghufron Mukti, Senin (3/8/2020).

Menurut Ali setiap klaim obat Covid-19 harus melewati kaidah penelitian yang benar dan melakukan uji klinis sesuai protokol yang disetujui oleh BPOM.

"Kemenristek/BRIN akan terus memantau dan menindaklanjuti berita/isu ini serta terus memperbaharui informasi sesuai data terkini terkait dengan riset dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19," tegasnya.

Masyarakat juga diminta lebih waspada lagi jika ada pihak yang mengklaim menemukan obat untuk mencegah Covid-19. Terlebih lagi klaim tersebut tak dikeluarkan oleh institusi yang berwenag seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan lembaga lainnya.

"Mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan isu yang menyebutkan bahwa telah ditemukan obat herbal untuk pencegahan Covid-19 apabila bukan dikeluarkan secara resmi atau dibenarkan oleh instansi terkait seperti BPOM, Kemenkes, Kemenristek/BRIN atau kementerian/lembaga pemerintah lainnya, terimakasih," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klaim Hadi Pranoto

Sosok Hadi Pranoto memjadi tenar saat penyanyi Anji mempublikasikan sebuah wawancara di channel YouTube miliknya. Anji memperkenalkan Hadi sebagai pakar mikrobiologi. Sementara Hadi mengklaim dirinya sudah menemukan herbal virus corona covid-19.

Anji memberi judul video yang tayang pada 31 Juli 2020 itu: "BISA KEMBALI NORMAL OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)". Dalam video berdurasi 35 menit 51 detik itu, Hadi Pranoto mengklaim dirinya sudah menemukan obat herbal yang dinamai Antibodi Covid-19.

Begini narasi pembuka yang ada di video tersebut:

"Sekarang saya bersama orang-orang yang mungkin paling dicari di seluruh dunia saat ini, Professor Hadi Pranoto. Professor adalah yang menciptakan serum antibodi covid-19 itu obat untuk covid-19?" kata Anji.

"Ya, obat untuk covid-19. Bisa menyembuhkan dan bisa mencegahkan. Kalau vaksin itu disuntikkan, tapi kalau ini diminum," ujar Hadi Pranoto membalas salam pembuka Anji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.