Sukses

192 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta di H-1 Idul Adha 2020

Jumlah ini meningkat 56,1 persen dibandingkan lalu lintas normal harian.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa Marga mencatat sebanyak 192.103 kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada H-1 Idul Adha 1441 H, Kamis 30 Juli 2020. Jumlah ini meningkat 56,1 persen dibandingkan lalu lintas normal harian.

"Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari tiga arah, Barat, Timur dan Selatan," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, Jumat (31/7/2020).

Persentase kendaraan yang keluar Jakarta, di antaranya 57,5 persen dari arah Timur, 21,0 persen dari arah Barat, dan 21,5 persen dari arah Selatan.

Menurut Heru, kendaraan yang melintas dari arah Timur merupakan kontribusi lalu lintas dari dua gerbang tol (GT), yakni GT Cikampek Utama untuk pengendara menuju jalan Tol Trans Jawa, serta GT Kalihurip Utama 1 untuk pengendara menuju jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

"Kedua GT ini merupakan pengganti GT Cikarang Utama," jelasnya.

Untuk GT Cikampek Utama, lanjut Heru, terdapat 62.185 kendaraan yang meninggalkan Jakarta, atau naik sebesar 123,4 persen dari lalu lintas normal. Sedangkan pada GT Kalihurip Utama 1, ada 48.251 kendaraan yang meninggalkan Jakarta, atau naik sebesar 88,1 persen dari lalu lintas normal.

"Total kendaraan meninggalkan Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 110.436 kendaraan, naik sebesar 106,4 persen dari lalin normal," paparnya.

Dari arah Barat tercatat ada 40.398 kendaraan yang keluar Jakarta melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak Tangerang. Jumlah ini naik sebesar 0,6 persen dari lalu lintas normal.

Sedangkan untuk arah Selatan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi, yakni sebesar 41.269 kendaraan, atau naik 40,3 persen dari lalu lintas normal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuhi Protokol Kesehatan

Humas Regional JTT Division 1 Jakarta-Cikampek, Hendra Damanik mengimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, terlebih dengan adanya peningkatan arus lalu lintas saat ini.

"Tetap patuhi protokol kesehatan, dan pastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima," imbuh Hendra.

Pengendara juga dianjurkan untuk mengatur waktu perjalanan saat akan pulang, demi menghindari kacetan puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada Minggu 2 Agustus 2020.

"Hindari jam-jam puncak arus lalu-lintas dan sempatkan beristirahat jika sudah merasa lelah berkendara," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.