Sukses

Anies Baswedan Ajak Warga Teladani Keluarga Nabi Ibrahim saat Wabah Covid-19

Anies Baswedan menyampaikan Idul Adha menjadi mometum bersejarah untuk mengingat ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta. Pada kesempatan itu, Anies menyampaikan Idul Adha menjadi mometum bersejarah untuk mengingat ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim.

Ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim yang dimaksudnya adalah ketaatan sang anak, Nabi Ismail; dan keikhlasan sang istri Siti Hajar. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, di mana warga serba kesulitan.

"Keteladanan sebuah keluarga, ketaatan seorang anak Ismail AS, ketakwaan seorang Ibrahim AS, dan keikhlasan seorang ibu Siti Hajar. Tiga pribadi ini yang terus-menerus diulang kisahnya dan keteladanannya. Inilah kesempatan bagi kita, keluarga-keluarga, untuk meneladani betapa besarnya cobaan yang dialami oleh Ibrahim sekeluarga, dan keluarga-keluarga kita hari ini mengalami cobaan yang tidak kalah ringan," ujar Anies Baswedan, Jumat (31/7/2020).

Usai salat, Anies dan Riza kemudian menyerahkan masing-masing satu ekor sapi sebagai hewan kurban. Nantinya sapi itu akan disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya. Berat sapi keduanya masing-masing 1,3 ton.

"Jadi tadi kami menitipkan seekor sapi beratnya 1,3 ton. Kemudian sapi yang dari pak Wagub tadi beratnya 1 ton, yang nanti akan dipotong di Dharma Jaya," imbuh Anies Baswedan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuh Protokol Kesehatan

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengapresiasi para pengelola yang dengan disiplin mengatur jalannya perayaan Idul Adha dengan protokol kesehatan.

"Ketika kita menggunakan masker, ketika kita mencuci tangan secara rutin, dan memastikan ada jarak, maka itu namanya kita ikut bertanggung jawab," tutur Anies.

Menurut dia, perbedaan perayaan Idul Adha tahun ini yang dilakukan tanpa silaturahmi bersama keluarga besar, melainkan sekadar kumpul bersama keluarga inti di rumah.

Untuk mencegah penularan Covid-19, Anies mengatakan tidak akan mengajak keluarga menyaksikan pemotongan hewan kurban.

Namun, imbuh dia, peninjauan akan tetap dilakukan oleh ke beberapa tempat untuk memastikan pelaksanaannya sesuai dengan syariat dan protokol kesehatan, serta distribusi daging yang ramah lingkungan.

"Semoga kurban kita diterima oleh Allah SWT, dan insyaallah bisa memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang hari ini akan menikmati dagingnya," tutur Anies.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Merdeka.com