Sukses

INFOGRAFIS: Tes Antibodi vs Tes Antigen, Mana Lebih Baik Deteksi Covid-19?

Menurut para ahli, tes antigen secara teoritis lebih akurat dan punya kecepatan diagnosis seperti tes antibodi atau rapid test.

Jakarta - Di tengah pandemi virus corona Covid-19, kekhawatiran masyarakat Indonesia kian meningkat setelah penyebarannya belum juga menunjukkan penurunan.

Untuk berusaha memastikan tubuh tidak tertular penyakit tersebut, masyarakat hanya bisa berpegangan pada tes Covid-19. Tes penting dilakukan demi mengetahui seberapa luas penyebaran virus corona.

Ada beberapa tes yang bisa dilakukan, termasuk Tes Antibodi (Rapid Test) dan Tes Swab Antigen.

Antigen adalah protein yang dikeluarkan oleh virus, termasuk Covid-19. Antigen dapat terdeteksi ketika ada infeksi yang sedang berlangsung di tubuh seseorang.

Sementara tes antibodi atau dikenal dengan rapid test memakai setetes darah pada sebuah perangkat untuk mencari tanda-tanda kekebalan tubuh. Ini untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi virus corona.

Jadi, tes mana kira-kira yang lebih baik dalam mendeteksi Covid-19?

Saksikan Video Tes Antigen vs Tes Antibodi Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.