Sukses

Potret Djoko Tjandra Usai 11 Tahun Buron

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, penangkapan Djoko Tjandra dilakukan atas perintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Usai buron selama 11 tahun, pelarian Djoko Tjandra berakhir. Dengan bantuan Polisi Diraja Malaysia, Bareskrim Polri membawa pulang buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali ini ke Tanah Air.

Pesawat jet yang membawa Djoko Tjandra tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis, 30 Juli 2020 malam.

Djoko Tjandra dijemput langsung oleh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. Listyo pun berterima kasih kasih kepada Kepolisian Diraja Malaysia sehingga dapat membawa Djoko Tjandra, baik secara profesionalisme dalam pengamanan hingga pengembalian sosok buronan kasus korupsi itu.

"Kita akan laksanakan penyelidikan atas kasus yang terjadi dan narapidana baru yang sudah masuk proses hukum," kata Listyo, Kamis kemarin.

Di hadapan awak media, Listyo menjelaskan, penangkapan Djoko Tjandra dilakukan atas perintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Perintah tersebut langsung diimplementasikan oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dengan membentuk tim khusus yang berada di bawah Bareskrim Polri.

"Diketahui keberadaan di Malaysia dan dilanjuti police to police," ujar Listyo.

Seperti diketahui, sebelum tertangkap di Malaysia, Djoko Tjandra sempat membuat publik heboh dengan melenggang bebas keluar masuk Indonesia. Salah satunya sempat membuat E-KTP di Kelurahan Grogol Selatan hingga berujung pada pemecetan lurah setempat.

Tak hanya itu, buronan kasus korupsi ini belakangan diketahui melibatkan tiga jenderal polisi untuk bisa memberinya surat jalan dan menghapusakan status red notice oleh Interpol.

Berikut sederet penampakan Djoko Tjandra saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma: 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pelarian Djoko Tjandra selama 11 tahun berakhir sudah di tangan Kepolisian Diraja Malaysia.

3 dari 7 halaman

Pesawat jet yang membawa Djoko Tjandra tiba di Halim Perdanakusuma pukul 22.38 WIB.

4 dari 7 halaman

Saat tiba, Djoko Tjandra mengenakan baju tahanan oranye dengan celanan pendek berwarna gelap. Kedua tangannya diborgol dan mengenakan masker putih.

5 dari 7 halaman

Buronan kasus korupsi ini mendapat pengawalan ketat dari kepolisian.

6 dari 7 halaman

Djoko Tjandra terlihat pasrah.

7 dari 7 halaman

Penampakan terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali saat digiring sejumlah petugas masuk ke mobil untuk dibawa ke Bareskrim Mabes Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.