Top 3 News: Akhir Pelarian Djoko Tjandra di Negeri Jiran hingga Jejak Kasusnya

Oleh Ady Anugrahadi pada 31 Jul 2020, 07:09 WIB
Diperbarui 31 Jul 2020, 13:31 WIB
FOTO: Buronan Kasus Bank Bali Djoko Tjandra Ditangkap
Perbesar
Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra tiba sekitar pukul 22.30 WIB dan langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, pelarian bernama lengkap Djoko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra terhenti di Negeri Jiran Malaysia setelah kurang lebih buron selama 11 tahun atas kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali.

Pada Kamis malam, sekitar pukul 22.38 WIB, pesawat yang membawa Djoko Tjandra tiba di Tanah Air. Penangkapan buronan kasus Bank Bali ini dipimpin langsung oleh Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo.

Sebelum akhirnya ditangkap, publik sempat dibuat heboh dengan sejumlah aksinya saat masih melenggang bebas di Indonesia. Salah satunya mengurus administrasi dan surat menyurat, mulai dari kelurahan, kejaksaan, sampai dengan adanya dugaan melibatkan tiga jenderal polisi.

Berita terpopuler kedua masih terkait tertangkapnya Djoko Tjandra. Begitu tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kedatangannya mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Detik-detik penangkapan dirinya di Malaysia hingga tiba di Indonesia sempat beredar luas. Saat diamankan Djoko Tjandra mengenakan baju tahanan berwana oranye nomor 22 dan memakai celana pendek berwarna gelap.

Kedua tangannya diborgol dengan sebagian wajah yang ditutup masker beberapa saat setelah turun dari pesawat jet dengan nomor penerbangan PK-RJP.

Tertangkapnya Djoko Tjandra, tak lepas dari kerjasama yang baik dengan Kepolisian Diraja Malaysia sehingga dapat membawa pulang buronan kelas kakap ini ke Tanah Air. Untuk itu, Komjen Listyo Sigit menyampaikan terima kasih kepada Kepolisian Diraja Malaysia 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Jumat, 30 Juli 2020:

2 dari 5 halaman

1. Djoko Tjandra Ditangkap, Ini Jejak Kasus Buronan Licin Tersebut

FOTO: Buronan Kasus Bank Bali Djoko Tjandra Ditangkap
Perbesar
Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra (rompi oranye) dikawal petugas usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra tiba sekitar pukul 22.30 WIB dan langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelarian buronan kasus Bank Bali, Djoko Tjandra, berakhir. Bareskrim Mabes Polri menangkapnya di Malaysia dan kembali membawanya ke Tanah Air, pada Kamis malam, 30 Juli kemarin.

Sebelumnya, buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut sempat membuat heboh publik Tanah Air. 

Meski dicari negara, Djoko Tjandra bebas melenggang keluar-masuk Indonesia. Bahkan dia mengurus administrasi dan surat menyurat dengan mudah berkat bantuan beberapa pihak, mulai dari kelurahan, kejaksaan, sampai dengan jenderal polisi.

Bahkan, Djoko mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali atau PK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Berikut koronologi perjalanan kasus yang melibatkan Djoko Tjandra hingga yang bersangkutan menjadi warga negara Papua Nugini.

 

Selengkapnya...

 

3 dari 5 halaman

2. Tiba di Indonesia, Djoko Tjandra Langsung Dibawa ke Bareskrim Polri

ilustrasi djoko tjandra
Perbesar
ilustrasi djoko tjandra (Liputan6.com/Abdillah)

Buron kasus korusi Djoko Tjandra tiba di Indonesia. Dia langsung dibawa ke Markas Bareskrim Polri menggunakan minibus putih setelah pesawat yang ditumpanginya dari Malaysia mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis malam, 30 Juli 2020. 

Kedatangnya mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Terlihat bersama Djoko Tjandra, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo juga keluar dari pesawat yang sama.

Djoko Tjandra mengenakan baju tahanan berwana oranye nomor 22. Kedua tangannya diborgol. Sebagian wajahnya ditutup masker beberapa saat setelah turun dari pesawat.

"Baru saja kami Bareskrim Polri menjemput dari Malaysia, ini merupakan jawaban terkait dengan peristiwa yang terjadi," ujar Listyo di Halim Perdanakusuma.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Djoko Tjandra Ditangkap, Kabareskrim Polri: Kita Akan Transparan dan Objektif

FOTO: Buronan Kasus Bank Bali Djoko Tjandra Ditangkap
Perbesar
Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra digiring masuk kedalam mobil usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra tiba sekitar pukul 22.30 WIB dan langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, penangkapan Djoko Tjandra hingga berhasil dibawa ke Indonesia tidak akan mengendurkan fokus penegakan hukum.

"Kita akan transparan, objektif mengusut tuntas apa yang terjadi," tutur Listyo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, 30 Juli 2020. 

Listyo pun berterima kasih atas kerjasama Kepolisian Diraja Malaysia sehingga dapat membawa Djoko Tjandra pulang ke tanah air. Baik itu profesionalisme dalam pengamanan hingga pengembalian sosok buronan kasus korupsi itu.

"Kita akan laksanakan penyelidikan atas kasus yang terjadi dan narapidana baru yang sudah masuk proses hukum," kata Listyo.

Berikut ini sederet jejak kasus Djoko Tjandra sebelum akhirnya ditangkap di Malaysia. 

 

Selengkapnya.... 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓