Sukses

Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung, Bogor Meriahkan HUT ke-75 RI Secara Virtual

Berbagai kegiatan dan perlombaan telah dirancang untuk memeriahkan HUT RI di tengah pandemi Covid-19.

 

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia akan tetap berlangsung meriah di Kota Bogor. Namun begitu, perayaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang aman dari virus corona Covid-19.

Berbagai kegiatan dan perlombaan telah dirancang untuk memeriahkan HUT RI di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Festival Merah Putih (FMP) 2020 Darwin Darmawan mengatakan, perayaan HUT ke-75 RI tetap terlaksana kendati dalam masa pandemi virus corona Covid-19. Akan tetapi, perayaan itu akan digelar dengan cara yang berbeda.

Jika setiap tahun Hari Kemerdekaan RI selalu diramaikan dengan berbagai jenis lomba, perayaan HUT RI kali ini berbagai lomba akan mengedepankan unsur digital.

"Misalnya lomba melukis batik khas Bogor, bersepeda dengan jarak tempuh 178,45 km, paduan suara dengan melibatkan 17.845 partisipan penyanyi, puisi, dan lomba sketsa, itu dilaksanakan virtual," ujar Darwin, Kamis (30/7/2020).

Tak hanya itu, akan ada kegiatan pengibaran dan penurunan bendara merah putih selama 30 hari di bulan Agustus. Kegiatan ini diikuti oleh Muspida dan organisasi kemasyarakatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasang Umbul-Umbul

Seperti peringatan HUT RI tahun sebelumnya, lanjut Darwin, ruas jalan di Kota dan Kabupaten Bogor akan dipasang umbul-umbul dengan target sebanyak 17.000 buah, seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini pilar-pilar Lawang Salapan sedang dihias merah putih. Prosesnya dibantu oleh Batalyon 14 Grup 1 Kopassus," ujarnya.

Ia menjelaskan, FMP 2020 mengusung tema "Gotong Royong Membangun Negeri". Tema tersebut diharapkan menjadi penyemangat bagi masyarakat Indonesia untuk tetap bersatu meskipun sedang dilanda Covid-19.

"Kami juga ingin FMP memaknai nasionalisme dalam arti gotong royong dan solidaritas terlebih di masa pandemi Covid-19," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.