Sukses

Satgas Covid-19: Mudik Jadi Pemicu Kasus Positif Meningkat di 5 Provinsi

Lima provinsi tersebut yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengungkapkan mudik menjadi pemicu melonjaknya kasus Covid-19 di lima provinsi di Indonesia. Lima provinsi tersebut yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

"Ini ada kaitannya dengan aktivitas mudik yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia pada hari Lebaran, termasuk perayaan Idul Adha," katanya dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Kamis (30/7/2020).

Wiku menjelaskan, berdasarkan data pada Rabu (29/7/2020), kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 2.381 orang. Sebaran terbanyak ada di DKI Jakarta dengan 577 kasus baru.

Kemudian disusul Jawa Timur 359 kasus, Jawa Tengah 313, Sumatera Utara 241 dan Sulawesi Selatan 128 kasus. Menurut Wiku, peningkatan ini cukup tajam dibandingkan hari-hari sebelumnya.

"Ini adalah daerah-daerah yang kebetulan juga daerah tujuan mudik. Dan ini adalah kasus dalam satu hari," ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunda Mudik

Mantan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional ini mengingatkan masyarakat untuk mempertimbangkan kembali jika ingin mudik ke kampung halaman. Bila tidak terlalu mendesak, sebaiknya mudik ditunda sampai pandemi Covid-19 berakhir.

"Mohon agar dipertimbangkan dan dihindari apabila tidak terlalu perlu karena penyumbang kasus besar adalah juga daerah-daerah tujuan dan asal mudik," tutupnya.

 

Reporter: Titin Supriatin/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Mudik menurut KBBI adalah pulang ke kampung halaman.

    Mudik