Sukses

Idul Adha 2020, Jokowi Salurkan Hewan Kurban ke Semua Provinsi

Kepala Sekretariat Presiden mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala daerah setempat untuk memastikan hewan kurban dari Presiden Jokowi sampai sebelum Idul Adha 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan hewan kurban ke semua provinsi pada Idul Adha 1441 Hijriah. Ini memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan Jokowi setiap menyambut Hari Raya Idul Adha.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, setiap provinsi masing-masing mendapatkan satu sapi yang beratnya 800 kilogram hingga 1 ton. Salah satunya di Masjid Istiqlal.

"Kurban nanti semua provinsi dan ke Istiqlal juga. Masing-masing provinsi satu sapi. Beratnya ditentukan antara 800 sampai 900 atau 1 ton," kata Heru kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, penyaluran hewan kurban sudah dilakukan sejak tiga hari lalu. Dia mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala daerah setempat untuk memastikan hewan kurban dari Presiden Jokowi sampai sebelum Idul Adha 2020.

"Disalurkan tiga hari lalu dan mungkin hari ini terakhir. Dari Senin kemarin saya sudah sosialisasikan agar semuanya disalurkan. Ada yang (disalurkan) Senin, Selasa, Rabu, dan terakhir hari ini," jelasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Pengumuman itu disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi usai menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Zulhijah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemotongan Hewan Kurban Sesuai Protokol Covid-19

Menteri Agama Fachrul Razi meminta agar perayaan Idul Adha 1441 Hijriah tetap menerapkan protokol kesehatan, termasuk soal pemotongan hewan kurban. Hal ini mengingat Idul Adha kali ini dirayakan di tengah situasi pandemi virus Corona atau Covid-19. 

"Pemotongan hewan kurban juga boleh dilakukan dengan protokol kesehatan," ujar Fachrul dalam keterangannya di sebuah video, Kamis (30/7/2020).

Dia meminta agar penyembelihan hewan kurban dilakukan di tempat yang terbuka. Petugas juga harus memastikan bahwa hewan kurban dalam kondisi yang sehat.

"Petugas pakai masker dan membawa alat masing-masing," katanya.

Selain itu, Fachrul juga mengingatkan agar tetap menjaga jarak aman saat penyembelihan hewan kurban. Untuk mencegah kerumunan, dia meminta daging kurban diantarkan langsung ke penerima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.