Sukses

Seribu Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah Hari Ini

Wukuf merupakan rangkaian ibadah inti dari haji tersebut. Yang mana, pelaksanaan haji tidak sah bila jemaah tidak melaksanakan rukun tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak seribu calon jemaah haji melaksanakan puncak haji hari ini. Mereka melaksanakan wukuf di Arafah, yaitu berdiam diri pada waktu tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijah.

Wukuf merupakan rangkaian ibadah inti dari haji tersebut. Yang mana, pelaksanaan haji tidak sah bila jemaah tidak melaksanakan rukun tersebut. Sehingga para jemaah haji yang sakit pun, diharuskan untuk tetap melaksanakan wukuf di Arafah.

Dalam melaksanakan rangkaian ini, para jemaah mendengarkan khutbah wukuf. Selain itu, mereka juga tidak melewatkannya untuk berdoa lantaran momen tersebut merupakan waktu yang Allah kabulkan doa para hambaNya.

Setelah matahari terbenam, jemaah haji akan menuju ke Muzdalifah untuk menghabiskan malam di sana sebelum kembali ke Mina untuk melangsungkan lempar jumrah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawaf Qudum

Sebelumnya, para jemaah haji terlihat melakukan tawaf qudum di Masjidil Haram dengan menerapkan protokol kesehatan. Mereka melakukannya sesuai dengan garis-garis yang berada di lantai masjid. Suasana tertib dan syahdu menyelimuti rangkaian ibadah tersebut.

Usai tawaf, para calon jemaah haji juga melaksankaan sa'i antara Safa dan Marwa. Para jemaah terlihat berlari-lari kecil sambil berdoa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.