Sukses

Polisi Prediksi Puncak Arus Mudik Idul Adha Terjadi Hari Ini

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun telah mengantisipasi kenaikan volume kendaraan menjelang Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Idul Adha berlangsung pada Jumat 31 Juli 2020 besok. Polisi memprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikunir pada Kamis (30/7/2020) sore ini.

"Kita perkirakan pada Kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalin," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (30/7/2020).

Sambodo menerangkan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mengantisipasi kenaikan volume kendaraan menjelang Idul Adha. Sebanyak 28 pos pengamanan didirikan untuk memantau arus kendaraan.

"Nantinya yang meninggalkan Jakarta atau pada arus mudik dipantau mulai dari Gerbang Cikurnir, kemudian rest area 19, 33, 39, kemudian rest area di Kunciran yang KM 13 arah merah, kemudian di exit Tol Cibubur. Sementara di arus baliknya dipantau dari beberapa rest area seperti di KM 6, di Cikunir, Karang Tengah," papar dia.

Selain di ruas tol, Sambodo menerangkan, pos pengamanan dibangun di beberapa jalan arteri non tol, seperti di Ganda Suka, Bekasi Cyber Park, dan Kalimalang. Demikian juga di stasiun dan terminal.

"Tanjung Priok, Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jati Negara. Kita tempatkan jufa di situ untuk berjaga-jaga," ujar Sambodo.

Sambodo menerangkan, pihaknya mengerahkan 749 personel untuk ditempatkan di pos tersebut. Dalam hal ini, Polda Metro Jaya juga merancang skenario lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan jelang Idul Adha. Salah satunya menerapkan contraflow.

"Skenario kedua dilaksanakan kalau misalnya arus meninggalkan Jakarta menuju ke timur terjadi kepadatan, tidak mampu ditampung di elevated atau di elevated ada masalah, seperti kecelakanan yang mengakibatkan tertutupnya jalan tol elevated," ujar Sambodo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oneway

Sambodo juga berencana memberlakukan oneway jika kepadatan tidak bisa teratasi dengan sistem contraflow. Tapi khusus kebijakan ini, kata Sambodo perlu koordinasi dengan Korlantas.

"Contaraflow dan oneway pasti menyangkut perbatasan, apakah dengan Polda Jabar kalau ke arah bogor ke karawang atau Polda Banten kalau ini ke arah Tangerang, tapi intinya kita siap," ujar dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan apel kesiapan pengamanan Idul Adha digelar sore nanti.

"Kamis sore akan dilaksanakan giat gelar pasukan khususnya teman-teman dari Ditlantas Polda Metro Jaya. Rencana akan kita laksanakan sekitar pukul 15.00 WIB di Polda Metro Jaya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.